Galang Donasi Bencana Gunung Agung, PMII Kerahkan 50 Pasukan Kardus

by -111 views

WONOSOBOZONE – Bencana erupsi letusan gunung Agung Provinsi Bali yang menjadikan penduduknya harus mengungsi mendapat perhatian dari berbagai pihak. Salah satunya dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Wonosobo. Organisasi mahasiswa yang dinaungi oleh Universitas Sains Al-Quran (Unsiq) Jawa Tengah di Wonosobo itu menggalang donasi untuk korban gunung Agung dengan mengerahkan sedikitnya 50 anggotanya yang disebar di beberapa titik keramaian kota. “Titik-titik tersebut diantaranya adalah di taman Plaza Wonosobo, lampu merah perempatan jalan A. Yani dan beberapa tempat ruang terbuka hijau lainnya. Seluruh anggota yang ikut, kami namakan pasukan kardus. Karna mereka semua membawa kardus untuk mengumpulkan donasi dari warga Wonosobo,” ungkap koordinator aksi, Umi Farhah disela penggalangan donasi, Kamis (28/9).

Menurut Umi, penggalangan dana yang dilakukan oleh pasukan kardus tersebut akan dilaksanakan selama 4 hari sampai 1 Oktober mendatang. Hal itu, lanjut Umi, selain untuk membantu korban bencana, juga sebagai praktek pembelajaran menumbuhkan jiwa sosial para kader PMII. “Yang menjadi prioritas selain untuk bantuan bencana, donasi ini akan kami salurkan kepada kaum dhuafa yang ada di Wonosobo serta untuk masyarakat miskin yang tengah sakit dan kesulitan membayar biaya pengobatan. Karena kami mendapat masukan dari berbagai pihak bahwa masih banyak warga yang tak mampu membayar biaya pengobatan,” bebernya.

Sementara, ketua umum PMII cabang Wonosobo, Fathur Khorip yang turut terlibat dalam aksi solidaritas tersebut mengaku pihaknya tengah menerapkan sikap kepedulian antar umat beragama. Mengingat sebagian besar korban bencana gunung Agung memeluk agama Hindu. “PMII yang notabene sebagai wadah bagi mahasiswa islam melakukan penggalangan dana untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah di Bali dengan mayoritas masyarakatnya beragama Hindu. Sebagai sesama anak bangsa sudah sewajibnya kita saling membantu antar manusia. Dimana hal itu  bagian dari komitmen terhadap tanah air dan bangsa,” pungkasnya. (Ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *