Lomba Lari Wisata Lubang Sewu Sediakan Hadiah 50 Juta Rupiah

by -33 views

WONOSOBOZONE – Upaya Pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk memajukan sektor pariwisata mulai menuai dukungan dari berbagai pihak. Hal itu diungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, One Andang Wardoyo ketika ditemui di kantornya, Selasa (26/9).  “Dalam waktu dekat, kami bersama Kodim 0707/Wonosobo akan menggelar even Festival Lubang Sewu 2017 di kawasan Waduk Wadaslintang,” jelas Andang. Kerjasama dengan pihak Kodim, dikatakan Andang tidak lepas dari adanya komitmen bersama untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Wonosobo. Selain itu, momen peringatan HUT TNI ke-77 yang jatuh pada 5 Oktober mendatang, menurut Andang juga dimanfaatkan untuk mendekatkan TNI dengan rakyat.


Hasil kerjasama sinergis tersebut, diuraikan Andang akhirnya menghasilkan sejumlah lomba yang di antaranya bahkan menyediakan hadiah total mencapai 50 Juta Rupiah. “Lomba yang akan digelar dalam festival Lubang Sewu pada Sabtu (7/9) mendatang ada 5 jenis, meliputi Fun Bicycle Gathering, Lomba Perahu Hias, Lomba Balap Dayung, Lari Wisata, sampai lukis blukang,” beber Andang. Pada masing-masing lomba, Andang mengaku hadiah yang disediakan tidak sama, seperti contohnya lomba lari wisata yang memperebutkan hadiah uang mencapai 50 Juta Rupiah. Lomba lari wisata lintas alam yang digelar di kawasan wisata lubang sewu tersebut, menurut Andang terbagi dalam beberapa kategori, meliputi kategori umum bagi kalangan PNS,TNI-Polri, Karyawan dan Mahasiswa putra, kategori umum putri serta kategori pelajar lokal putra dan kategori pelajar lokal putri.


“Kami mengimbau ke semua OPD, Instansi, BUMN maupun BUMD, komunitas penggiat olahraga dan seni, sampai ke sekolah-sekolah untuk mengikutsertakan para karyawan dan para pelajar nya pada lomba lari wisata tersebut,” tutur Andang lebih lanjut. Selain untuk memperebutkan hadiah, keikutsertaan dalam lomba lari wisata alam disebut Andang akan menggugah kesadaran para peserta untuk turut mempromosikan keindahan kawasan waduk Wadaslintang, khususnya di area Lubang Sewu. “Kawasan Wonosobo Selatan, meliputi Wadaslintang, Kaliwiro dan Kalibawang memiliki keindahan alam yang berpotensi untuk terus dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan,” imbuh Andang. Karena itulah, pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, ditegaskan Andang akan terus berupaya mendorong agar kawasan tersebut bisa lebih dikenal luas sebagai destinasi wisata yang memiliki daya tarik kuat.


Sementara terkait teknis lomba lari wisata, pihak panitia sebagaimana dijelaskan Sri Yuniarti membuka pendaftaran bagi peserta sampai tanggal 5 Oktober 2017. “Pendaftaran bisa dilakukan secara online maupun langsung ke sekretariat panitia di SMA Negeri 2 Wonosobo dan Kantor Kecamatan Wadaslintang,” jelas Sri. Untuk kategori umum, Sri menyebut biaya pendaftaran adalah 50 Ribu Rupiah, sementara untuk kategori pelajar lokal 25 Ribu Rupiah per orang. “Panitia juga menyediakan fasilitas kaos bagi setiap pendaftar sepanjang persediaan masih ada,” pungkas Sri Yuniarti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *