10.000 Santri Ikuti Kirab Santri TPQ di Alun Alun Wonosobo

by -58 views

WONOSOBOZONE – Tak kurang dari 10.000 santri TamanPendidikan Al Qur’an (TPQ) se-Wonosobo,Kamis (21/9) mengikuti kirab santri TPQ metode Qiraati dalam rangka Gebyar Muharram 1439 H. Even tahunan yang digelar setiap bulan Muharram tersebutlayaknya lautan santri di alun alun Wonosobo.

Ketua panitia penyelengara, H. Ahmad Muzaki menyampaikan bahwa kirab selain diikuti 10 ribu santri juga diikuti 1.000 ustadz/ustadzah TPQ metode Qiraati Cabang Wonosobo serta ribuan orang tua santri. Selain kirab santri, berbagai kegiatan juga dilaksanakan pada Gebyar Muharram 1439 H kali ini, seperti Festival Qiraati, Majelis Muta’allimil Qur’an, santunan yatim piatu, ziarah makam Ky. Abu Yahya Munggang dan KH. Muntaha Alhafidz, sima’an Al Qur’an bil Ghoib, Pengajian Umum. Pada hari ini selain kirab santri juga dilaksanakan bakti sosial bersih bersih sampah seputar alun alun dan pentas seni. “Puncak kegiatan Gebyar Muharram 1439 H akan dilaksanakan Imtihan dan Tashih Akhir periode Muharram 1439 H pada tanggal 29 september, bertempat di TPQ Sa’adatul Islam Jambean Kalibeber yang diikuti 773 santri” pungkas Ahmad Muzaki.

Sementara pada kesempatan itu Sekda Kabupaten Wonosobo, Eko Sutrisno Wibowo, sebelum melepas kirab menyampaikan bahwa rasa bangga serta apresiatif dengan dilaksankannya kegiatan kirab santri Dalam Rangka Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H, karena selain menjadi momentum yang membahagiakan bagi anak-anak dalam berekspresi  dan bersentuhan langsung dengan teman sebaya, masyarakat serta alam, juga menjadi kesempatan yang sangat baik bagi segenap jajaran pengurus, penyelenggara pendidikan dan ustad-ustadzah Taman Pendidikan Al-Qur’an metode Qiraati dengan santri, orang tua, masyarakat dan pemerintah, dalam rangka menjalin tali silaturahim dan menguatkan Ukhuwah Islamiyah.

“Selain itu semangat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriyah juga dapat dijadikan sebagai momentum yang strategis untuk menguatkan Syiar Islam serta menggugah semangat Umat Islam untuk dapat lebih meningkatkan amal dan ibadahnya” ungkap Sekda.

 melalui semangat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriyah ini, saya harap dukungan dari segenap jajaran pengurus, penyelenggara pendidikan dan ustad-ustadzah Taman Pendidikan Al-Qur’an metode Qiraati, agar dapat menyikapi perkembangan dunia pendidikan dewasa ini, dengan cerdas dan bijaksana, sehingga selain dapat menyelenggarakan pendidikan Agama Islam dengan lebih profesional, juga dapat mencetak generasi yang Qur’ani, generasi yang berkualitas, baik secara akademis, moral, maupun spiritualnya serta memiliki daya saing yang tinggi” pungkas Eko Sutrisno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *