Menara Telekomunikasi di Wonosobo di Inventarisir

by -103 views

WONOSOBOZONE – Keberadaan sejumlah menara telekomunikasi yang berada di wilayah Kabupaten Wonosobo dicek oleh Satuan Polisi Pamong Praja pada hari Selasa (19/ 9).

Kegiatan yang juga melibatkan instansi terkait seperti Dinas Kominfo, Bagian Hukum dan Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu ini mengecek keberadaan menara telekomunikasi di beberapa kecamatan antara lain, Kecamatan Garung, Kecamatan Wonosobo dan Kecamatan Kertek.

“Unsur-unsur yang kami cek ialah keabsahan perijinan, konstruksi menara, usia dan kelayakan bangunan, radius dengan pemukiman warga, kelengkapan menara, jaringan listrik, luas lahan,  kesesuaian koordinat menara dengan cell plan yang dimiliki oleh Kabupaten Wonosobo serta peralatan kelengkapan lain yang harus dipasang pada menara,”ungkap Kasubbag PEP dan SIM Satpol PP, Hermawan Animoro, ketika ditemui di lokasi.

Dalam operasi tersebut, tim menemukan beberapa menara telekomunikasi yang letaknya sangat berdekatan dengan pemukiman penduduk, juga menara yang tidak dilengkapi dengan lampu penerangan serta ditemukan juga peralatan kelengkapan seperti lampu halangan penerbangan atau aviation obstruction light yang sudah tidak berfungsi.

Operasi yang telah dilaksanakan secara rutin oleh Satpol PP ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum, terutama bagi warga sekitar.

“Operasi ini diadakan dengan tujuan untuk menertibkan menara telekomunikasi yang ada di wilayah Kabupaten Wonosobo, sehingga keberadaan menara-menara tersebut tidak menimbulkan gangguan terutama bagi masyarakat yang berada di sekitar menara tersebut,” Imbuh Hermawan.

Disamping pengecekan pada fisik menara, tim juga melakukan penggalian informasi dari warga sekitar menara.

“Disamping melakukan pengecekan secara fisik, kami juga melakukan penggalian informasi dari warga sekitar agar didapatkan informasi yang lebih lengkap,”imbuhnya pula

Data yang diperoleh dari hasil pengecekan ini selanjutnya akan diproses untuk ditindaklanjuti kembali oleh tim.

“Data yang kami peroleh baik dari pengecekan fisik maupun hasil penggalian informasi dari warga sekitar, akan kami proses dan kami cross check dengan data yang dimiliki oleh instansi terkait lainnya untuk ditindaklanjuti,”pungkas Hermawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *