Diskominfo Siapkan Sekuriti e-Government 

by -39 views

WONOSOBOZONE – Implementasi e-Government (e-Gov) secara terintegrasi di Kabupaten Wonosobo memasuki periode krusial. Setelah tahap perencanaan dan blue print alias cetak biru sistem tuntas, Dinas Komunikasi dan Informatika selaku Chief Information Officer (CIO) e-Gov mulai memetakan sumber daya manusia (SDM) yang nantinya akan bertindak selaku administrator, agar keamanan sistem informasi daerah lebih terjamin. Kepala Bidang Informatika Dinas Kominfo, Sulistiyani mengatakan pentingnya pemetaan SDM tersebut adalah demi mengantisipasi berbagai gangguan yang mungkin terjadi di tengah implementasi e-Gov, termasuk di dalamnya mengantisipasi serangan hacker. “Upaya pengamanan sistem kami mulai hari ini dengan memberikan pelatihan kemanan jaringan dan sistem informasi kepada sejumlah adiministrator,” terang Sulistiyani ketika ditemui di ruang kendali Bupati, Senin (18/9). 


Pelatihan yang akan digelar dua tahap tersebut, menurut Lis dititikberatkan pada pemahaman perihal konsep dasar keamanan sistem informasi, dengan cakupan materi meliputi keamanan infrastruktur dan jaringan, serta konsep keamanan aplikasi. “Peserta pelatihan untuk tahap pertama sejumlah 8 orang, terdiri dari 4 orang dari Dinas Kominfo ditambah 4 orang lagi dari BKD, Bappeda, BPPKAD dan Dinas Dukcapil,” beber Lis lebih lanjut. Keempat orang di luar Dinas Kominfo dipilih karena menurut Sulistiyani keempat OPD tersebut termasuk OPD strategis utama dalam implementasi e-Gov. Kelak, seusai mengikuti pelatihan, Lis berharap para peserta mampu mengidentifikasi kelemahan-kelemahan sistem, dengan cara melakukan analisa terhadap sistem serta mempelajari teknik-teknik penyerangan selayaknya seorang hacker.


Setelah tahap pertama selesai, pelatihan tahap kedua dikatakan Lis akan digelar untuk para operator teknis dari sejumlah OPD lain, seperti Dinas Arpusda, Dinas Pendidikan, RSUD, serta Dinas Kesehatan. “Peserta untuk pelatihan tahap kedua pada pekan depan kami menghadirkan 12 orang dari 11 OPD di lingkup Pemkab Wonosobo,” tandasnya.

Upaya meningkatkan kapasitas SDM untuk pengelolaan e-Government yang lebih aman mendapat dukungan penuh dari Badang Kepegawaian Daerah (BKD). Kepala Bidang Diklat dan Pengembangan Karir BKD, Benyamin Kusumahadi menyebut langkah Dinas Kominfo tersebut sudah tepat. “Para peserta pelatihan ini nantinya akan menjadi tulang punggung keamananan sistem informasi daerah, sehingga kami berharap agar diikuti secara serius,” kata Benyamin. Badan Kepegawaian Daerah, diakui Benyamin memahami bahwa upaya mewujudkan e-Gov tidak mudah dan memerlukan dukungan semua pihak terkait, termasuk Organisasi Perangkat Daerah lainnya, sehingga diperlukan langkah-langkah nyata, salah satunya dengan melalui pelatihan untuk SDM pengelolanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *