Wakili Jateng Ditingkat Nasional, Siswa SMA 1 dan SMA 2 Wonosobo Tuai Apresiasi

by -12 views

WONOSOBOZONE – Peserta Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tingkat nasional 2017 asal Wonosobo menuai banyak apresiasi. Pasalnya, enam siswa dari SMA 1 dan SMA 2 Wonosobo itu menjadi wakil dari Provinsi Jawa Tengah dan berhasil lolos pada putaran final dalam kegiatan tahunan yang digelar oleh Direktorat Pembinaan SMA serta Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah selama enam hari (11 s.d 16/9) di Bandung. Salah satu apresiasi dilontarkan oleh Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Wonosobo, Faizun. Ia mengatakan apresiasi setinggi-tingginya layak diberikan kepada enam siswa sebagai wakil sekolah sekaligus wakil Provinsi Jawa Tengah. “Para siswa ini telah mengharumkan nama Wonosobo. Kami sangat bangga, ternyata anak-anak kami mempunyai potensi dan prestasi yang baik di level nasional,” ungkap Faizun ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat (15/9).

Melihat prestasi yang telah diraih, Ketua Komisi yang membidangi pendidikan itu mengaku pihaknya akan memberikan motivasi dan dukungan secara optimal. Dalam hal ini, urai Faizun, DPRD Kabupaten Wonosobo akan mendorong Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Wonosobo untuk bisa mengalokasikan anggaran kepada para siswa yang berprestasi tersebut. “Bentuknya terserah, entah beasiswa, tunjangan, atau yang lain. Yang penting, dapat meningkatkan motivasi belajar mereka,” tegasnya.

Dengan adanya reward yang diberikan kepada siswa berprestasi tersebut, Faizun meyakini potensi yang dimiliki pelajar Wonosobo lainnya dapat bermunculan. “Pastinya harus disediakan wadah juga, agar bibit-bibit lainnya yang ada di Wonosobo dapat terlacak dan termonitor dengan baik,” tandas pria kelahiran Wonosobo 1971 itu.

Sementara, salah satu peserta lomba FIKSI 2017 asal Wonosobo, Wahyu Kartika​ Taksaka Putra merasa senang dan bangga bisa mewakili SMAN 1 Wonosobo dan juga Jawa Tengah. Apalagi, lanjutnya, ajang tersebut menjadi kali pertama dirinya untuk dapat berkiprah di tingkat nasional. Wahyu berharap, ajang FIKSI bisa menambah pengalaman dan meningkatkan prestasi. “Sangat bangga, karena terpilih dari ratusan peserta yang sudah mendaftar dari seluruh Indonesia. Saya juga bangga, karena dapat membawa nama baik SMA N 1 Wonosobo dan Jateng ke tingkat nasional,” terang Wahyu.

Adapun enam siswa asal Wonosobo yang mewakili Jawa Tengah seperti yang dikabarkan Dinas Dikpora Wonosobo adalah Wahyu Kartika Taksaka Putra, Muhammad Anindita, Saffin Aziza Fathia dan Zul Rifqi Hasani. Keempat siswa tersebut berasal dari SMA 1 Wonosobo yang mengikuti lomba dibidang Aplikasi dan Game. Sedangkan dua siswa lain adalah Laksita Judith Tabina dari SMA 2 Wonosobo dengan lomba Boga dan David Briyan Adam dari SMA 1 Wonsobo dengan lomba Fashion. (Ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *