Pelebaran Jalan Tripis Watumalang – Pagentan Banjarnegara

by -17 views

WONOSOBOZONE – Dalam rangka memperingati HUT TNI ke 72 Kodim 0707 Wonosobbo melaksanakan karya bakti TNI dengan sasaran pelabaran jalan sepanjang 1.750 meter dan lebar 4 meter. Dengan melibatkan masyarkat kurang lebih 450 orang. Jalan tersebut merupakan jalan tembus yang menghubungkan antara Dusun Tripis Desa Watumalang Wonosobo dengan Desa Pagentan Kabupaten Banjarnegara.

Karya bakti dilaksanakan bermula dari keresahan masyarakat terhadap kondisi jalan yang sempit kerena tidak dapat dilewati kendaraan roda empat hanya merupakan jalan setapak. Hal ini sering menjadi kendala manakala masyarakat melakukan aktifitas menggunakan kendaraan roda empat untuk mengangkut hasil bumi dan aktifitas lainnya.  Sementara disekitar daerah tersebut merupakan setra salak pondoh. Sehingga ongkos yang dikeluarkan cukup besar dan membutuhkan waktu yang lama.

Mendengar permasalahan warga tersebut, Babinsa mengkoordinasikan dengan Kepala Desa yang selanjutnya mendapatkan persetujuan dan didukung oleh Plh Danramil 02/Watumalang Letda Inf Salman T untuk dilaksanakan karya bakti pelebaran jalan.

“ Kami menerima keluhan warga tentang terkendalanya aktifitas ekonomi yang menggunakan kendaraan roda empat karena tidak bisa dilalui sebab merupakan jalan setapak, permasalahan warga tersebut kami langsung tindak lanjuti dengan menerjunkan para Babinsa untuk melaksanakan karya bakti pelebaran jalan ini”, ungkap Danramil Watumalang.

Pada karya bakti tersebut Letda Inf Salman T menurunkan anggotanya untuk melaksanakan karya bakti   masyarakat untuk melebarkan jalan tersebut.  Dalam pelaksanaan tersebut Danramil memberikan arahan bahwa kita bekerja itu disamping untuk kesejahteraan bersama yang tidak kalah penting adalah diniati dengan ibadah. Kita membuat jalan merupakan shodakoh jariah. Artinya selama jalan tersebut digunakan maka kita akan selalu mendapat pahala, dengan catatan dalam kerja itu didasari dengan keihlasan yang tulus.

Lebih lanjut Danramil menyampaikan kepada para pemilik lahan yang terkena pelebaran jalan agar jangan merasa rugi karena tanahnya menjadi berkurang.  Akan tetapi dengan adanya jalan tersebut menimbulkan banyak manfaat seperti memudahkan dalam mengangkut hasil bumi, tanah akan menjadi lebih mahal jika yang dekat dengan akses jalan. Jadi tidak ada istilah rugi.

Kades Tripis Bambang  saat dikonfirmasi menyampaikan terima kasih kepada Koramil yang telah melaksanakan karya bakti bersama masyarakat di desanya untuk melebarkan jalan tersebut.  Dengan kehadiran Babinsa masyarakat menjadi lebih giat dalam bekerja. Kami sangat mendukung sekali terhadap program yang dijalankan oleh Koramil dalam membantu mengatasi permasalahan dimasyarakat seperti itu. Itu merupakan program yang harus terus dilaksanakan sebab mengajak masyarakat untuk hidup bergoton royong.  Karena sikap gotong royong dimasyarakat mulai agak pudar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *