Antisipasi Musim Hujan, Penyedia Jasa Konstruksi Didorong Tambah Pekerja

by -38 views

WONOSOBOZONE – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Wonosobo, Agustinus meminta sejumlah penyedia jasa konstruksi yang tengah mengerjakan proyek-proyek infrastruktur milik Pemkab untuk mempercepat pekerjaan. Selain tahun anggaran berjalan sudah memasuki triwulan terakhir, percepatan pekerjaan proyek infrastruktur dinilai Kajari perlu dilakukan, mengingat musim penghujan diprediksi datang dalam waktu dekat. “Kalau tidak dipercepat, khawatirnya keburu tiba musim hujan sehingga berpotensi menunda penyelesaian proyek,” tutur Agustinus di sela monitoring sejumlah proyek, bersama Bupati Eko Purnomo, Kepala DPU Widi Purwanto, Kepala Dinas Kominfo, Eko Suryantoro, serta sejumlah pejabat lain, Selasa (12/9).


Percepatan pekerjaan proyek infrastruktur, menurut Kajari yang juga  Ketua Tim Pengawalan dan Pengamanan  Pembangunan Pemerintah Daerah (TP4D), dapat dilakukan, salah satunya dengan upaya penambahan jumlah pekerja. Dengan menambah jumlah pekerja, pihak penyedia jasa disebut Kajari dapat memberlakukan sistem shift, atau pembagian jadwal kerja. Di sejumlah proyek, Agustinus menilai jumlah pekerja yang terlihat masih kurang, padahal masa pengerjaan tinggal hitungan sekitar 3 bulan lagi. Karena itulah, kepada para pengelola pekerjaan di lapangan, Kajari mengaku meminta agar mereka secepatnya memberlakukan lembur bagi para pekerja. “Tapi yang lembur jangan pekerja itu-itu saja melainkan pekerja lainnya sehingga akan optimal hasilnya,” lanjut Kajari.


Selain menyoroti perihal jumlah pekerja, dalam kesempatan monitoring tersebut, Kajari juga menyayangkan waktu mulai pekerjaan di beberapa proyek, yang baru diawali menjelang berakhir tahun anggaran. Hal itu, menurut Agustinus tidak dapat dilepaskan dari proses perencanaannya. “Ke depan mestinya perencanaan lebih dipercepat, sehingga seperti proyek infrastruktur ini bisa dimulai di awal-awal tahun dan pada prosesnya tidak terburu-buru ketika sudah hampir tenggat,” tandasnya.


Sepakat dengan Kajari, Bupati Eko Purnomo mengaku pihaknya juga terus berupaya mendorong agar proyek-proyek infrastruktur, terutama yang masuk kategori skala prioritas agar dipercepat pengerjaannya. “Semakin cepat proses, termasuk dalam perencanaannya maka waktu pekerjaan juga akan selesai lebih awal, sehingga imbasnya masyarakat dapat memanfaatkan hasilnya juga lebih cepat,” jelas Bupati. Demi memastikan proyek-proyek infrastruktur Pemkab dapat berjalan sesuai rencana, Bupati mengaku akan intensif melakukan monitoring bersama jajaran terkait. “Monitoring dan evaluasi akan terus kami lakukan agar pihak penyedia jasa konstruksi lebih serius dalam pengerjaan setiap proyek infrastruktur, serta tidak menyalahi spesifikasi yang telah ditentukan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *