52 Reklame Tak Sesuai Aturan Diturunkan Satpol PP

by -21 views

WONOSOBOZONE – Papan reklame yang tidak sesuai aturan diturunkan dalam operasi yang dilaksanakan oleh Satpol PP Kab. Wonosobo pada hari Rabu (15/9).

Operasi yang digelar di beberapa titik antara lain sepanjang Jl. Sabuk Alu, Jl. Banyumas, Jl. Bambang Sugeng, Jl. Kyai Muntang dan beberapa titik lain di seputaran wilayah kota tersebut berhasil mengamankan sebanyak 52 papan reklame berupa spanduk, baliho dan juga vertical banner.

Papan reklame yang diturunkan oleh Satpol PP dikarenakan beberapa hal, antara lain usianya sudah uzur, lokasi pemasangan yang tidak sesuai aturan, seperti dipasang di pohon, dipasang di tiang listrik, telepon dan juga yang sudah habis masa izinnya.

 “ Papan reklame yang kami turunkan rata-rata dikarenakan usianya sudah uzur, terutama yang berupa vertical banner dari besi karena dapat membahayakan pengguna jalan, serta reklame yang tidak dilengkapi dengan sticker perizinan yang dikeluarkan oleh instansi berwenang.” Ungkap sekretaris Satpol PP, Suratman ketika ditemui di lokasi.

Pemasangan reklame yang yang cenderung asal-asalan dan tidak memperhatikan aturan yang berlaku dapat membahayakan pengguna jalan serta merusak keindahan kota.

Penertiban reklame yang dilakukan oleh Satpol PP ini sebenarnya merupakan agenda rutin, namun dalam pelaksanaannya masih banyak dijumpai reklame yang pemasangannya tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Operasi penertiban reklame ini sebenarnya sudah rutin kami lakukan, namun pada kenyataannya masih banyak ditemukan reklame yang dipasang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku,” imbuh Suratman.

Operasi penertiban reklame ini direncanakan akan lebih digencarkan, agar pemasangan reklame dapat sesuai dengan aturan yang berlaku, terutama Peraturan Daerah Kabupaten Wonosobo Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat.

“Kedepan, kegiatan penertiban reklame akan lebih kami gencarkan agar warga masyarakat ataupun pengusaha dapat lebih memperhatikan aturan dalam memasang iklan maupun reklame karena apabila pemasangan reklame sesuai dengan aturan, maka keindahan kota dapat lebih terjaga, kenyamanan dan keselamatan pemakai jalan lebih terjamin serta dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah yang berasal dari pajak dan retribusi reklame,” pungkas Suratman

Papan reklame yang diturunkan selanjutnya dibawa ke Mako Satpol PP untuk diamankan dan diproses lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *