Dilirik Pemohon Paspor Luar Wilayah Kerja Karena Cepat Dan Pasti

by -66 views

WONOSOBOZONE – Kinerja Positif Kantor Imigrasi Kelas II Wonosobo diapresiasi oleh beberapa warga bahkan dari luar wilayah kerja sekalipun. Hal tersebut terbukti ketika salah satu pemohon paspor asal Yogyakarta, Eka Septiyani mengunjungi Kantor Imigrasi Wonosobo untuk membuat paspor miliknya yang akan digunakan untuk mengikuti lomba arung jeram di Thailand. Eka menyebut dirinya puas atas pelayanan yang diberikan kantor Imigrasi Wonosobo kepadanya. “Sebelumnya saya mendaftarkan diri di Kantor Imigrasi Yogyakarta, tetapi panggilan untuk melengkapi berkasnya sekaligus wawacaranya 11 hari kemudian. Sudah gitu, pengambilan paspornya maksimal 15 hari kemudian. Ya saya telat nanti berangkat lombanya,” terangnya..
Menurut Eka, pelayanan Imigrasi Wonsobo lebih cepat, mudah dan pasti. Karena ketika pihaknya datang ke Wonosobo, Eka sudah dapat mendaftar secara langsung dan kemudian hanya mengantri paling lama 2 jam untuk mendapati giliran mengumpulkan berkas serta wawancara. “Setelah melepas pendaftaran di Jogja, saya browsing di internet. Ternyata banyak yang merekomendasikan untuk membuat di Wonosobo. Kemudian saya telepon pihak Imigrasi Wonosobo, dijelaskan dengan ‘gamblang’. Lalu saya memutuskan untuk membuat di Wonosobo,” tambahnya..
Senada dengan Eka, salah satu pemohon paspor asal Cilacap yang akan digunakan untuk magang di Jepang, Muhammad Zainudin Ma’ruf juga turut mengapresiasi atas pelayanan cepat Imigrasi Wonosobo dalam membuat paspor. Karena menurutnya, yang membedakan pelayanan kantor Imigrasi Wonosobo dengan kantor Imigrasi wilayah lain adalah kepastian pengambilan paspor jadi. “Kata petugas Imigrasi, setelah saya melakukan wawancara, paspor sudah sapat diambil maksimal tiga hari setelahnya. Padahal hari pertama saya kesana, langsung dapat mendaftar. Setelah mendaftar, tak sampai menunggu 2 jam, saya melengkapi berkas dan sudah langsung dipanggil untuk wawancara,” bebernya..
Kepastian tersebut dibenarkan oleh Kepala Subseksi Lalulintas Keimigrasian Kantor Imigrasi kelas II Wonosobo, Washono. Ketika dikonfirmasi wartawan, Minggu (10/9), Washono menyebut pihaknya telah berupaya secara optimal dalam hal transparansi pelayanan sejak bertugas di Wonosobo. “Pada intinya, jika pemohon syaratnya lengkap dan mematuhi prosedur, akan kami permudah dan percepat. Karena prinsip kami tak akan mempersulit pemohon paspor,” tegasnya. Perihal asal pemohon paspor dari berbagai wilayah, Washono tak mempersoalkan hal tersebut. Karena menurutnya, Imigrasi Wonosobo dapat melayani seluruh pemohon paspor dari berbagai penjuru di Indonesia. Hal itu terbukti ketika dalam satu hari, Kantor Imigrasi Wonosobo rata-rata melayani 35 pemohon paspor luar wilayah kerja dari total 75 pemohon. “Wilayah kerja kami adalah Kabupaten Wonosobo, Kab. Magelang, Kota Magelang, Kab. Purworejo, Kab. Temanggung dan Kab. Banjarnegara. Misal ada pemohon dari luar wilayah itu, tetap akan kita layani. Dan tidak kita bedakan,” pungkas Washono. (Ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *