​Raih Bintang Satu TNI AD, Ahwan Ismadi Gelar Syukuran Di Tanah Kelahiran

by -1,433 views

WONOSOBOZONE – Brigjend TNI Dr Ahwan Ismadi S.Pd.I, SH, MH, L.LM pulang kampung ke Garung, Kamis (7/9). Kepulangan pria asli Garung yang pernah mengenyam pendidikan di SMA Negeri 2 Wonosobo tersebut disambut penuh rasa bahagia keluarga besar H Slamet Muhamad Ridwan, dan segenap warga setempat. Tak mengherankan apabila warga Garung begitu bersemangat menyambut kedatangan putra ketiga dari sembilan bersaudara tersebut, mengingat pencapaian yang berhasil diraih Ahwan sangat membanggakan. Alumni AKABRI 84 tersebut berhasil meraih gelar Brigadir Jenderal TNI, alias masuk ke jajaran para perwira tinggi di lingkup TNI Angkatan Darat. Pria yang pada Oktober tahun depan memasuki masa purna tugas itu juga menyandang sederet gelar akademis mentereng, yang salah satunya diraih di Kanada.

Dari cerita Ahwan kepada para tetamu yang hadir di acara tasyakuran di kediaman H Slamet M Ridwan, terungkap perihal kecintaanya kepada ilmu pengetahuan tidak lepas dari motivasi guru-guru nya semasa sekolah. “Salah satu yang saya ingat sekali adalah pesan agar saya menimba ilmu agama terlebih dahulu sebelum ilmu-ilmu lainnya, maka saya masuk ke IAIN untuk belajar mengenai Pendidikan Islam,” tuturnya. Setelah lulus Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I), mantan staf khusus Pangdam Bukit Barisan tersebut tertarik dengan dunia Advokasi hukum TNI, sehingga memutuskan untuk kuliah di Fakultas Hukum Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS). “Karir saya berlanjut di Sumatera Utara, dan saya masih terus berusaha memperdalam ilmu hukum, sehingga pendidikan jenjang Master Hukum saya tempuh di Universitas Sumatera Utara (USU),” ungkap Ahwan.

Di USU, Ahwan berhasil meraih lulus dengan predikat cumlaude setelah meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,0. “Prestasi itu membuat saya diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Kanada untuk meraih gelar Law Lawyer Magister (L.LM) selama 2 tahun,” imbuhnya. Tak menunggu lama, setelah sukses meraih gelar di Kanada, pria yang kini menjabat sebagai Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pertahanan Bogor tersebut langsung mendaftarkan diri di program doktoral Ilmu hukum di Universitas Islam Bandung. “Terbang dari Medan ke Bandung seperti naik angkot saja bagi saya selama menempuh pendidikan doktor, tapi tentu itu semua berkat izin Yang Maha Kuasa Alloh SWT,” tutur Ahwan.

Kini, setelah keberhasilannya meraih jabatan sebagai perwira tinggi bintang satu TNI, Ahwan berharap agar hal itu mampu memotivasi warga Garung khususnya, dan Wonosobo secara umum. “Prinsip saya adalah tidak ada yang sulit ketika kita mau berjuang, dan yakin bahwa Alloh SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu,”pungkasnya. Hal itu selaras dengan harapan Dandim 0707 Wonosobo, Letkol CZI Dwi Hariyono yang juga hadir di acara syukuran. Menurut Dandim, apa yang sudah dicontohkan Brigjend TNI Ahwan Ismadi selayaknya mampu menyemangati generasi muda Wonosobo agar tak surut langkah demi mencapai kesuksesan.

0 thoughts on “​Raih Bintang Satu TNI AD, Ahwan Ismadi Gelar Syukuran Di Tanah Kelahiran

  1. Bangga dengan Pak Ahwan selaku Kaprodi di Prodi Management Pertahanan. Beliau selaku guru dan juga orang tua yang tidak hanya memberikan ilmu tetapi juga teladan yang baik bagi para siswanya. Sukses terus Pak semoga apa yang telah didedikasikan bagi negara maupun pendidikan calon-calon penerus bangsa ini di balas oleh sang Pencipta yang maha kuasa. Aminn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *