Jalur ke Puncak Dieng Sudah Mulai Dibuka

by -19 views


WONOSOBOZONE – Setelah 25 hari ditutup untuk membuat jembatan Bailey, jalur utama menuju kawasan Dieng sudah mulai dibuka sejak Senin (4/9) pukul 00.00 WIB untuk semua jenis kendaraan. Dibukanya jalan Dieng yang melintasi Kabupaten Wonosobo tersebut disampaikan oleh Kasubag Tata Usaha Balai Pelaksana Teknis Jalan Bina Marga Jateng Wilayah Wonosobo, Sujito ketika dikonfirmasi melalui telepon genggam, Senin (4/9). Namun Sujito menandaskan, beban muatan yang melintas maksimal 5 ton. “Jembatan Bailey telah selesai dibuat sesuai dengan target yang kami rencanakan. Akan tetapi, kendaraan yang melintas bebannya tak boleh melebihi 5 ton. Sedangkan berdasar pantauan dilokasi, arus lalulintas lancar dari semua arah,” terangnya. Dengan dibukanya jalur utama menuju Dieng, Sujito berharap kunjungan wisatawan yang ada di Wonosobo kembali seperti semula, bahkan lebih meningkat.

·
Terkait lancarnya arus lalulintas, Kasat Lantas Polres Wonosobo, AKP SS. Udiono membenarkan hal tersebut. Ketika memantau bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kab. Wonosobo, Udiono menyatakan bahwa jembatan bisa dilalui kendaraan roda 4 dengan sistem buka tutup atau bergantian. Sedangkan kendaraan roda dua masih diarahkan menggunakan sisa badan jalan samping jembatan bailey. “Mengingat lebarnya jalan yang cukup sempit, kami berlakukan buka tutup jalan terlabih dahulu,” ungkap Udiono usai melakukan uji coba menggunakan mobil dinas Satlantas Polres Wonosobo dan Dinas PUPR Kab. Wonosobo, Minggu sore (3/9).
.
Udiono menambahkan, dalam mengatur sistem buka tutup dan pengamanan di lokasi jembatan Bailey, telah ditempatkan anggota Polsek Kejajar sebanyak dua personil secara bergantian. “Selain anggota Polri, masyarakat dan para pekerja juga ada turut membantu melakukan pengamanan di lokasi jembatan,” pungkas Kasatlantas. (Ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *