Ratusan Relawan Bersihkan Sungai Bogowonto Sapuran

by -69 views

WONOSOBOZONE – Sungai merupakan sumber daya air yang penting bagi kebutuhan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Sekarang kualitas air sungai cenderung menurun sebagai akibat meningkatnya beban pencemaran yang bersumber dari kegiatan di sepanjang daerah aliran sungai. Kodim 0707/Wonosobo bersama Polres Wonosobo, SAR,Tagana, Banser, Dinas PU Kabupaten, Siswa SMA 1 Sapuran, komunitas peduli lingkungan, komunitas Kijang Wonosobo, LSM, dan Masyarakat, melaksanakan bersih-bersih sungai Bogowonto, Sapuran,Wonosobo dari sampah yang menggenang, Sabtu(2/9).

Kegiatan bersih-bersih Kali Bogowonto diikuti kurang lebih 700 orang peserta, dimulai dari jam 08.00 – 12.00 WIB. Kali Bogowonto selama ini dimanfaatkan sebagai irigasi oleh masyarakat sekitarnya. Di sepanjang aliran sungai dipadati oleh perkampungan warga, sehingga memungkinkan membangun budaya melindungi dan melestarikan sungai sebagai sumber kehidupan dan tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah sampah.

Letkol Czi Dwi Hariyono dalam kesempatan diwawancarai insan media menyampaikan. Mari kita cintai Wonosobo dengan selalu menjaga lingkungan, diantaranya kebersihan sungai Bogowonto dan yang lain. Janganlah membuang sampah di sungai, disamping sungai menjadi kotor, juga bisa berdampak sebagai penyebab sumber penyakit. Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan, pisahkan sampah organik dan non organik. Dengan program Jumat Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu sehat oleh Kodam IV/Diponegoro. Kodim beserta seluruh steakholder mendukung program kali bersih. Program bersih sungai ini tidak akan berhenti sampai disini, akan kita laksanakan di sungai-sungai yang lain secara berkelanjutan. Dengan program ini diharapkan masyarakat akan menjadi sadar akan arti pentingnya menjaga lingkungan, termasuk didalamnya kebersihan sungai. Masyarakat mulai detik ini jangan mengulangi lagi membuang sampah di sungai karena bisa menjadi penyebab timbulnya bencana banjir, Pungkas Dandim.

Menurut sugeng Purwanto kegiatan buang sampah di sungai sudah dilaksanakan mulai awal tahun 2017. Oleh Purwanto kegiatan buang sampah disungai sudah berulang di ingatkan. Namun si pelaku Nurul warga Kepil rupanya tidak mengindahkan peringatan dari sesama warga. Membuat seluruh elemen masyarakat sekitar menjadi marah, ada yang mengunggah ke medsos dan menjadi viral. Kami warga Sapuran mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Kodim 0707/Wonosobo, dan yang lainnya. Atas pelaksanaan pembersihan sungai ini. Semoga kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, dan rencana akan kami pasang papan larangan membuang sampah di sungai. Berharap kepada warga yang berniat membuang sampah ke sungai akan menjadi sadar, akan arti pentingnya kebersihan lingkungan,papar Purwanto. Pendim 0707/Wsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *