​Selain Dieng, Wonosobo Miliki Puluhan Wisata Yang Layak Dikunjungi, Apa Saja..?

by -481 views



WONOSOBOZONE – Ditutupnya jalur Dieng selama 25 hari sampai tanggal 3 September 2017 mendatang karena pembuatan jembatan Bailey, menjadikan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) wilayah Wonosobo berinisiatif untuk memaksimalkan potensi destinasi wisata lain, meski wisata Dieng masih menjadi ikon kuat di mindset para wisatawan. Hal tersebut terlihat ketika ratusan anggota yang tergabung dalam HPI mendata puluhan wisata baru yang ada di Wonosobo dalam rapat tiga bulanan yang digelar di Gardu Pandang Desa Setieng Kawasan Dieng pada Selasa (29/8). Karena menurut Sekretaris Jendral HPI, Agus Dwijono, imbas dari pembangunan jembatan Bailey membuat jumlah kunjungan ke Dieng menurun sampai 50%. Dilain sisi, Agus menyebut Wonosobo juga memiliki destinasi wisata lain yang layak dikunjungi. “Selain Dieng, sedikitnya ada 10 wisata baru di Wonosobo yang tak kalah menarik. Kami mendata pada hari ini wisata baru tersebut sekaligus mempelajarinya dan menawarkan kepada wisatawan, agar ketika wisatawan berkunjung tidak kecewa akibat penutupan jalur Dieng, meski jalur Dieng masih dapat dilalui dengan oper kendaraan,” ungkap Agus ketika memberi sambutan dihadapan 150 anggota HPI..
Kedepan, Agus mengatakan wisata tersebut akan diproyeksikan sebagai wisata pendukung Dieng agar jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Wonosobo semakin meningkat. Adapun 10 destinasi wisata baru tersebut, kata Agus, diantaranya Bukit Sembrani di kecamatan Watumalang, wisata River Tubing di Desa Wora-wari Kecamatan Sukoharjo. Kemudian Gunung Sarru, Gunung Lanang dan Curug Karangsari yang ada di Kecamatan Watumalang. Wisata kesenian tradisional yang ada di Desa Kumejing dan Bukit Siloreng yang ada di Kecamatan Wadaslintang. Serta Bukit Rotodowo dengan pesona Sunrise dan Sunset yang ada di Desa Igirmranak Kecamatan Kejajar. “Ditambah wisata hutan pinus dan wisata kesenian tradisional berupa ritual ‘ngusir monyet’ yang ada di Desa Pulosaren Kecamatan Kepil. Ritual Ngusir Monyet ini yang menurut kami sangat unik. Hanya dilakukan tiga tahun sekali. Dan peringatan tiga tahunannya jatuh pada tahun 2017 ini di bulan Oktober besok,” urai Agus..
Sementara, Ketua Dewan Pengurus Cabang HPI Kab. Wonosobo, Salim Bawazier mengaku pihaknya tengah berupaya melakukan koordinasi kepada media untuk membantu publikasi atas wisata baru yang telah didata. Menurut Salim, peran media sangat berpengaruh terhadap kepopuleran destinasi wisata baik lingkup daerah, bahkan lingkup nasional. “Kebanyakan wisatawan taunya Wonosobo itu Dieng. Padahal masih banyak sekali tempat wisata yang dapat dikunjungi. Semoga dengan terjalinnya kerjasama dengan media kedepan, dapat mendatangkan wisatawan lebih banyak di destinasi wisata baru dan dapat sedikit merubah pola pikir pengunjung tentang statemen belum ke Wonosobo kalau belum ke Dieng,” pungkasnya. (Ard)

0 thoughts on “​Selain Dieng, Wonosobo Miliki Puluhan Wisata Yang Layak Dikunjungi, Apa Saja..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *