RS PKU Muhammadiyah Wonosobo Gelar Konvensi Mutu Perdana

by -47 views

WONOSOBOZONE – Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonosobo yang telah mengantongi status terakreditasi paripurna terlihat terus berbenah dengan mengadakan Konvensi Mutu Jumat pagi (25/8). Agenda yang digelar dua hari tersebut menurut ketua penyelenggara, dokter Dyan Ratna Suminar merupakan agenda perdana yang ditujukan untuk mengaplikasikan budaya paripurna menuju pelayanan prima. Hal itu mengingat untuk mempertahankan gelar akreditasi yakni Paripurna tidaklah semudah mendapatkannya. Sehingga dari sisi internal menurut Dyah memang sudah selayaknya terus dilakukan pembenahan seperti dengan diadakannya Konvensi Mutu #1 yang diikuti sebanyak 25 Unit pelayanan maupun bagian dari total 30 unit yang ada.

“memang usai akreditasi kami telah mendapatkan predikat Paripurna. Salah satu inti dari agenda ini adalah untuk mempertahankan predikat itu sehingga inti dari adanya konvensi ialah untuk Problem Solving for Better Health Cara atau PSBH. Tiap unit mempresentasikan bagaimana memetakan masalah dan problem solving sehingga ada target yang harus dicapai. Agenda ini juga merupakan salah satu aplikasi usai pelatihan PSBH empat bulan yang lalu,” ungkap dr Dyan.

Dalam presentasi, tiap unit juga dipersilahkan untuk membuat penyajian yang terbaik, bahkan bisa mengenakan kostum sesuai jargon atau slogan yang diusung. Berikut juga dengan yel-yel yang disajikan masing-masing kelompok sebelum presentasi.

“untuk konvensi mutu perdana ini ada beberapa kriteria yang dinilai dan para pemenang akan mendapatkan piala bergilir dan hadiah kejutan. Salah satu dampak yang diharapkan ialah tiap unit bisa terus memperbaiki pelayanan yang akhirnya juga secara keseluruhan akan mempengaruhi kinerja dari seluruh unit karena semuanya berkaitan dan akhrnya untuk mempertahankan gelar Paripurna,” ungkap Dyan yang membawahi Komite Mutu.

Agenda tersebut juga diharapkan bisa digelar setidaknya setahun sekali atau dua kali karena dari paparan tim, diharapkan unit bisa menyelesaikan masalah sendiri se-efisien dan se-efektif mungkin. Konvensi Mutu perdana tersebut mendatangkan Juri dari PKU Temanggung didampingi direktur PKU Wonosobo.

“Kami dari Unit perawat juga berharap Konvensi ini bisa memotivasi sekaligus memajukan standar pelayanan. Bahkan karena tiap anggota unit memang yang mengetahui masalah di ruangannya sendiri sehingga pelayanan juga tergantugn dari tiap unit sendiri. Sehingga harapan kami sisi kinerja juga meningkat sehingga pasien bisa dilayani dengan sebaik-baiknya,” ungkap Yunanto Adi Nugroho salah satu peserta konvensi dari unit Perawat. (Abd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *