Ratu Adil Siap Dampingi Warga Di Muka Hukum

by -72 views

WONOSOBOZONE – Sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang pendidikan dan Pelatihan Perlindungan hukum dan keadilan (P4HK) resmi berdiri di Wonosobo, Senin (28/8). Dengan telah adanya LSM bernama Ratu Adil tersebut, warga masyarakat yang tengah membutuhkan bantuan terkait permasalahan hukum, kini tak perlu takut ataupun khawatir. Raden Bogo, penggagas berdirinya Ratu Adil, ketika ditemui seusai acara tasyakuran di kantor LSM, di Wonorejo, Selomerto menegaskan pihaknya tidak mencari keuntungan dari pendirian lembaga P4HK, sehingga warga masyarakat tak perlu ragu-ragu apabila memang membutuhkan pendampingan hukum. “Kami benar-benar ingin agar setiap warga Negara di Republik Indonesia ini mendapatkan hak-hak mereka ketika mesti berhadapan dengan masalah hukum, sehingga sama sekali kami tidak memungut biaya ketika harus mendampingi siapapun yang membutuhkan bantuan hukum,” tegasnya saat menjawab perihal latar belakang pendirian Ratu Adil.


Menurut Bogo, langkahnya mendirikan LP4HK juga tak lepas dari telah banyaknya warga yang mengadukan permasalahan hukum mereka. Lebih dari 50 orang, selama kurun setengah tahun terakhir dikatakan Bogo telah mendapatkan pendampingan untuk permasalahan hukum mereka. “Ada yang ke Pengadilan Tata Usaha Negara, Pengadilan Negeri, sampai Pengadilan Agama kami berikan pendampingan, sehingga mereka bahkan bisa berperan sebagai pengacara bagi dirinya sendiri,” tuturnya lebih lanjut. Dengan mendapatkan pelatihan sekaligus pendampingan dan perlindungan hukum, Bogo mengaku berharap setiap klien Ratu Adil memang akhirnya memahami dunia hukum secara lebih mendalam, seiring permasalahan yang mereka hadapi. Nantinya, Ratu Adil diharapkan Bogo juga bisa berdiri di berbagai penjuru Indonesia, agar semakin banyak lagi masyarakat yang mendapat hak mereka tanpa khawatir harus mengeluarkan banyak biaya.


Pendirian Ratu Adil, menurut Raden Bogo juga didukung oleh Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo. Wabup, disebutnya juga hadir dalam acara tasyakuran dan secara langsung menyampaikan kesan positif terhadap terbentuk nya lembaga swadaya masyarakat yang konsen dalam bidang pendidikan hukum untuk masyarakat. Dalam waktu dekat, Bogo juga mengaku akan meluncurkan secara resmi Ratu Adil dengan menghadirkan unsur pejabat Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi dan Ombudsman RI.


Dukungan terhadap Ratu Adil juga diungkap Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo, Bambang Sutejo. Pemahaman informasi perihal dunia hukum di Indonesia secara umum, maupun di Wonosobo khsususnya, dikatakan Bambang masih dipandang menakutkan. Kehadiran LSM Ratu Adil, diyakini Bambang secara bertahap akan mengikis pandangan awam tersebut, sehingga kelak warga akan lebih siap ketika harus menjalani proses-proses di lembaga hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *