​Puluhan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

by -101 views


WONOSOBOZONE – Kabupaten Wonosobo diterjang angin Puting Beliung, Sabtu (26/8). Sedikitnya 10 rumah rusak akibat peristiwa tersebut. 10 bangunan tersebut berlokasi di Desa Sariyoso, Kec. Kab/ Wonosobo. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa naas itu. Namun atap dari seluruh korban sang pemilik rumah menjadi porak poranda serta lenyap terbawa angin. Hal tersebut dibenarkan oleh kepala BPBD Kab. Wonosobo, Prayitno. Ketika dihubungi via telepon genggam, Minggu (27/8), Prayitno mengatakan Puting Beliung melanda Desa Sariyoso hampir 1 hari penuh. “Sejak pukul 03.00 WIB sampai menjelang sore hari Angin tersebut masih menyerang. Beruntungnya tak ada korban jiwa. Dan hanya satu dusun yang dilanda. Tetapi untuk kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,” bebernya..
Dari 10 rumah yang dilanda bencana, satu rumah mengalami rusak berat milik Ibu Ita, 9 rumah lainnya mengalami rusak ringan. Bahkan ada parabola milik salah satu rumah korban yakni milik Sumargo sampai terlepas terbawa Puting Beliung dan menimpa bagian rumah tetangga sampai rusak. Menurut Prayitno, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendataan di lapangan, termasuk mengupayakan berbagai langkah taktis untuk membantu para korban. “Setelah mengetahui adanya angin puting beliung yang menimpa, kami bersama tim bergegas menuju TKP. Bantuan berupa logistik pun sudah dapat kami salurkan. Sampai saat ini pendataan masih dilakukan. Semoga tak ada lagi korban dan semua warga tetap aman,” tambah Pria yang telah mendapat gelar Doktor beberapa bulan terakhir itu..
Selain mendata ulang lagi, sejumlah petugas kecamatan, kelurahan, polisi, TNI dan Satgas Damkar Wonosobo masih berada di lokasi kejadian untuk membantu merehabilitasi bangunan rumah warga yang rusak akibat dihantam angin kencang tersebut. Tak hanya petugas, beberapa warga setempat juga turut membantu memperbaiki. Kepala Desa Sariyoso, Ahmadun menyebut dirinya tak menyangka akan peristiwa itu dapat terjadi di wilayahnya. Ia mengucapkan terima kasih atas perhatian dari instansi terkait berupa bantuan yang diberikan. Melihat dampak dari serangan Puting Beliung tersebut, Ahmadun mengaku pihaknya akan menggelar pelatihan kepada warga untuk mengantisipasi hal serupa agar tidak terjadi lagi. “Data sementara korban yang terkena musibah angin puting beliung dari petugas selain milik Ibu Ita dan Sumargo, di antaranya Tasri Rt 01 Rw 01, Purwanto Rt 02 Rw 01, Heri Rt 03 Rw 01, Supri Rt 03 Rw 01, Margo Rt 03 Rw 01, Wahyudi Rt 04 Rw 01, Aris Rt 01 Rw 01, Sri Rahwiyati Rt 01 Rw 01 dan Ahmad Suheli. Semuanya merupakan warga Dusun Sariyoso, Desa Sariyoso Kec./Kab. Wonosobo,” pungkasnya. (Ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *