Tari dan Paduan Suara Perjuangan Daerah Pukau Dewan Juri

by -40 views

WONOSOBOZONE – Kepedulian TNI dalam upaya mengajak generasi muda untuk berkarya diwujudkan dengan mengadangan lomba Paduan Suara, baca puisi dan lomba tari perjuangan daerah tingkat SLTA se Kabupaten Wonosobo. Lomba tersebut terbungkus dalam kegiatan Komsos kreatif.  Upacara pembukaan dilaksanakan di gedung Korpri oleh Wakil Bupati Wonosobo Ir Agus Subagyo, Msi. (24/8)

.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan  Selaku pemerintah Daerah kabupaten  Wonosobo mengucapkan banyak terima kasih atas terselenggaraanya acara ini semoga bisa berjalan lancar.  Ini merupakan kepedulian TNI terhadap generasi muda, semoga dengan terselenggaranya ini akan memunculkan talenta – talenta baru di bidang seni.

.

Disamping mencari bibit – bibit baru di bidang seni, manfaat yang dapat dipetik adalah secara tidak langsung mendidiik kita untuk mengingat kembali sejarah perjuangan bangsa.  Sejarah perjuangan bangsa dikalangan generasi muda mulai terabaikan. Dengan adanya lomba ini maka generasi muda tahu akan sejarah yang pernah ada.

.

Disamping itu melalui lomba akan tercipta tali silaturahmi antar anak SLTA se Wonosobo, dengan tali silaturahmi tersebut maka persatuan dan kesatuan bangsa serta pembinaan karakter generasi muda akan cipta pula.

.

Kapten Inf Sugeng Hariyanto selaku ketua penyelenggara menyampaikan kegiatan Komunikasi sosial sebagai salah satu bentuk methode binter dapat dilaksanakan secara langsung maupun tidak langsung. Guna membangun pemahaman dan pengertian bersama serta melahirkan kepentingan bersama dalam rangka mewujudkan tujuan bersama. Pemanfaatan potensi wilayah yg ada sebagai media komunikasi sosial merupakan cara yg efektif komando kewilayahan dalam rangka berinteraksi dengan segenap lapisan masyarakat. Misalnya Budaya, olah raga, giat kepramukaan , giat kepemudaan, giat sosial. Semua Potensi itu di kemas sedemikian rupa dalam suatu kegiatan yg menarik, sehingga menggugah kemauan dan kesadaran untuk menciptakan suatu kondisi yang menguntungkan terutama dalam berbangsa dan bernegara segenap warga masyarakat itulah yang biasa kita sebut KOMUKASI SOSIAL KREATIF.


Keberhasilan penyelenggaraan komunikasi sosial kreatif akan sangat penting artinya guna menggugah daya inovasi dan kreasi dalam rangka membangun semangat kebersamaan demi terwujudnya kesamaan visi dan misi pengabdian bagi kepentingan bangsa dan negara.


Harapan dari Kodim 0707/Wonosobo adalah dengan Lomba ini untuk menciptakan generasi yang inovatif dan kreatif sehingga muncul bibit- bibit baru dalam bidang kebudayaan yg akan membawa nama baik bagi sekolah, daerah bahkan negara dalam kontes lomba seni dan budaya.  


Tatik Susanti, S.Pd selaku salah satu juri tarian perjuangan daerah menyampaikan apreasi yang bagus.  Ternyata anak – anak SLTA bisa menciptakan tarian daerah yang bersifat perjuangan.  Ini merupakan kolaborasi yang perlu diteruskan yaitu disamping untuk kesenian juga untuk mengingatkan akan perjuangan para pendahulu kita.  Karya – karya mereka begitu bagus.


Berikut para juara dari perlombaan Paduan Suara adalah  juara I SMAN 2 Wonosbo, juara II SMA Kristen, juara III SMAN 1 Wonosobo. Lomba tarian perjuangan daerah juara I SMAN 1 Wonosobo, juara II SMAN 2 Wonosobo dan juara III SMAN 1 Kertek. Lomba baca puisi Putra juara I SMAN 1 Kaliwiro atas nama Fandi Achmad Rosadi, juara II dari SMAN 2 Wonosobo atas nama M Roihan Anwar, juara III SMK Muh 1 atas nama Dani Nurohman. Lomba baca puisi putri juara I dari SMKN 1 Wonosobo atas nama Mila Ayanah, juara II SMKN 2 Wonosobo atas nama Eka Dewi Safitri, juara III dari SMAN 1 Wonosobo atas nama Dina Nur’aini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *