Bhakti Untuk Negeri Diatas Awan (BUNDA)

by -16 views

WONOSOBOZONE – Selain dampak positif dengan meningkatnya jumlah kunjungan Wisatawan di Dieng dalam beberapa tahun ini tentu terdapat dampak negatif yang muncul.

Sampah adalah salah satu nya dan telah menjadi permasalahan serius untuk diupayakan solusi. Meski permasalahan tersebut dihadapkan pada ego kelompok, wilayah dan ego sektoral antar pelaku dan pemangku kepentingan, sehingga partisipasi masyarakat dlm pengelolaan lingkungan masih belum seperti yang diharapkan.

Oleh sebab itu Pemkab Wonosobo melaksanakan kegiatan Bakti Untuk Negeri di Atas Awan atau BUNDA, sebagai aksi untuk bekerja bersama-sama membersihkan lingkungan Dieng, (18/8).

Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagyo yang turut hadir sangat mengapresiasi kegiatan sosial tersebut danberikan penghargaan kepada semua pihak.

“Kebersihan linkungan merupakan salah satu bagian dari Sapta Pesona wisata yang harus diperhatikan, sebab jika lokasi wisata bersih maka juga akan menjadi salah satu faktor meningkatnya kunjungan wisatawan”, jelas Wabup di sela – sela kegiatan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Wonosobo, Amin Suradi mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut pihaknya juga mengajak masyarakat untuk ikut terlibat dan berpartisipasi.

“Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan”, ungkap Amin setelah selesai melakukan kegiatan.

Amin menambahkan untuk masalah tempat pembuangan akhir (TPA) pihaknya akan terus melakukan koordinasi bersama Pemkab Banjarnegara untuk bersama – sama membuatnya karena sebagian wilayah Dieng adalah milik Banjarnegara.

Selain itu acara tersebut ditujukan untuk menarik perhatian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi untuk supporting pembiayaan jalur alternatif Dieng via Sirangkel.

Kegiatan Bhakti Dieng tersebut diharapkan dapat terus berlanjut sebagai modal awal untuk mempromosikan Dieng sebagai salah satu taman bumi (geopark) yang kelak bisa diakui di kancah Dunia Internasional.

Acara juga diikuti oleh Forum Pimpinan Daerah, Ketua DPRD, Komandan Kodim, Kapolres dan Kepala OPD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *