DIPIMPIN KETUA DPRD, RENUNGAN SUCI BERLANGSUNG KHIDMAT

by -29 views
WONOSOBOZONE – Diikuti oleh Wakil Bupati, Komandan Kodim 0707 dan segenap unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta Sekda dan para pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah Kabupaten Wonosobo, Apel Renungan Suci jelang peringatan HUT RI Ke-72 di Taman Makam Pahlawan Wiropati, Kamis dinihari 17 Agustus 2017 berlangsung khidmat.
Diterangi temaram cahaya dari dua obor yang dibawa oleh dua anggota TNI, tepat pukul 00.00 WIB, Ketua DPRD, Afif Nurhidayat yang bertindak selaku inspektur apel membacakan janji penghormatan kepada arwah para pahlawan yang dikebumikan di TMP Wiropati. Janji ini adalah janji untuk senantiasa menghormati dan menghargai perjuangan para pahlawan, serta sumpah untuk meneruskan perjuangan mempertahankan kemerdekaan, yang diucapkan Afif tak lebih dari 3 menit.
Para peserta apel yang terdiri dari unsur TNI dan Polri, PNS, serta para pelajar menyimak dengan khidmat pengucapan janji suci tersebut. Usai pengucapan janji suci tersebut, seluruh lampu yang menerangi makam kembali dinyalakan. Selanjutnya, para pelajar berseragam abu-abu dan pramuka menyalakan lilin di setiap pusara, dan apel suci tersebut kemudian ditutup dengan doa bagi arwah para pahlawan oleh Untaji dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo.
Tepat pukul 00.25 WIB, seluruh peserta apel dibubarkan dan meninggalkan TMP Wiropati, untuk bersiap menyambut detik-detik proklamasi 17 Agustus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *