RIBUAN ANGGOTA PRAMUKA IKUTI UPACARA HARI JADINYA KE 56

by -20 views
WONOSOBOZONE – Lebih dari 6000 anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wonosobo ikuti Upacara dalam rangka hari jadinya ke 56, yang dilaksanakan di alun-alun Kota Wonosobo Senin (14/8).
Wakil Bupati Agus Subagiyo yang juga merupakan Kakwarcab Wonosobo hadir sebagai Inspektur Upacara. “Semoga Peringatan Hari Pamuka kali ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian Gerakan Pramuka sebagai garda terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karakter generasi muda, sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik pada masa depan”, demikian yang disampaikan Kak Agus saat membacakan Sambutan Bupati.
Agus mengingatkan, di Era globalisasi dewasa ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun manusia merupakan faktor penentu yang paling utama. Untuk itulah, sangat penting pembangunan manusia yang memiliki karakter, serta pembangunan bangsa yang memiliki watak yang kuat, bukan hanya membangun manusia atau pemuda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga pemuda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, menjunjung kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia.
Anggota Gerakan Pramuka Kwarcab Wonosobo diharapkan mampu menjelma menjadi agen perubahan, sebagai salah satu pilar pendidikan bagi generasi muda di Indonesia, sehingga nantinya mampu untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa serta bernegara, termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda, baik yang berkaitan dengan masalah sosial maupun masalah kebangsaan.
Di hari jadinya ke-56 ini Gerakan Pramuka Nasional mengusung tema dan logo khusus. Logo kali ini menggunakan angka 56 dan tema “Usung Bekerja untuk Kaum Muda, Mewariskan yang Terbaik Bagi Bangsa.”
Logo berbentuk angka 56, menandakan peringatan Hari Pramuka ke-56. Angka 56 berbentuk pita dan berwarna-warni melambangkan fleksibilitas, keluwesan, modern, dan dinamis. Warna-warni itu terdiri atas empat warna, yakni hijau, merah, kuning dan coklat yang merupakan kiasan warna anggota Gerakan Pramuka mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak hingga Pandega.
Empat warna itu maknanya ialah hijau melambangkan pertumbuhan, pembaruan dan keseimbangan jiwa-jiwa tunas muda Pramuka, merah melambangkan semangat muda Pramuka yang berani, matang dan tegas, kuning melambangkan Pramuka yang riang gembira, optimis, energik dan kreatif; coklat melambangkan Pramuka yang penuh percaya diri, sederhana dan kuat, serta hitam menegaskan kekokohan, elegan, dan tangguh.
Selain angka, ada silhoute tunas kelapa yang merupakan lambang Gerakan Pramuka, serta WOSM merupakan lambang kepanduan dunia. Dalam logo itu, juga ada angka 1961-2017 yang merupakan tahun peringatan Hari Pramuka. Lalu, tulisan “Bekerja untuk Kaum Muda, Mewariskan yang Terbaik Bagi Bangsa” adalah tema peringatan Hari Pramuka ke-56, di tahun 2017 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *