Cegah Campak Dan Rubella, Siswa Don Bosco Disuntik MR

by -23 views
WONOSOBOZONE – Kampanye pencegahan penyakit Campak dan Rubella, melalui gerakan imunisasi massal MR, juga menyasar kalangan siswa difabel. Hal itu terlihat ketika pada Sabtu (12/8),  Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) bersama Lions Club Wonosobo-Dieng menggelar imunisasi massal bagi 45 siswa penderita tuna rungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) Don Bosco. Meski sebagian siswa terlihat takut, imunisasi berlangsung lancar.
Kepala SLB Don Bosco, Agnes Siti Saptaningsih, ketika ditemui di sela pelaksanaan imunisasi mengaku gembira, anak didiknya berkesempatan mendapat  imunisasi dari DKK Dan dibantu Lions Club Wonosobo. “Harapan kami, dengan telah menerima imunisasi MR ini siswa SLB Don Bosco bisa tumbuh lebih sehat, sehingga mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik, serta kelak benar-benar terbebas dari penyakit berbahaya seperti rubella dan Campak ini,” ungkap Agnes. Sedianya, jumlah siswa di SLB Don Bosco yang hendak diberikan suntikan MR, menurut Agnes ada 13, namun karena 90 anak sudah berusia lebih dari 15 tahun dan ada pula yang tengah sakit, akhirnya hanya 45 anak mendapat imunisasi.
Perihal pentingnya imunisasi MR, bidan Umi Haryati dari DKK Wonosobo menerangkan bahwa ancaman penyakit rubella maupun campak bisa sangat membahayakan kesehatan. “Dampak dari terpapar rubella maupun campak bisa berupa kelainan kongenital, kelainan jantung, kerusakan otak, bahkan kebutaan akibat katarak dan gangguan pada pendengaran,” beber Umi. Bagi ibu hamil, Umi juga menyebut campak dan rubella berpotensi menyebabkan kecacatan pada janin yang tengah dalam kandungan. Umi mengaku sangat terbantu dengan turut aktifnya Lions Club Wonosobo yang memiliki inisiatif untuk menggelar bakti sosial imunisasi massal di SLB Don Bosco.
Terkait turut sertanya Lions Club (LC) Wonosobo Dieng dalam kampanye imunisasi MR, mantan Kepala Dinas Sosial yang kini aktif dalam kepengurusan LC, Agus Purnomo menjelaskan,  pihaknya merasa tergerak dan memiliki kewajiban untuk membantu program Pemerintah. “Imunisasi MR ini kan program positif dari Pemerintah Pusat, sehingga selayaknya kami mendukung penuh, termasuk mengusahakan agar anak-anak SLB juga mendapatkannya,” terang Agus. Mengingat pentingnya imunisasi MR itu pula, Agus mengaku LC Wonosobo Dieng siap membantu fasilitasi gerakan serupa di sekolah-sekolah lainnya, demi terwujudnya Wonosobo bebas campak dan rubella.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *