Perangkat Desa Dilatih Isi Website

by -18 views

WONOSOBOZONE – Sebanyak 25 perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti pelatihan website di aula Dinas Komunikasi informatika dan Telematika, kemarin (9/8). Pelatihan tersebut menyusul sudah dibuatnya portal website kabupaten yang memuat alamat seluruh OPD di subdomainnya. Menurut Huda, salah satu pelatih dari Data Center, para peserta didampingi belajar mengoperasikan Content Management System atau CMS untuk mengisi website.

“Selain belajar membuat posting untuk mengisi website, para peserta juga diajari teknis untuk mengatur tampilan dasar dari setiap website OPD, termasuk menu dan mengatur konten yang tampil. Di sesi berikutnya, para peserta juga diajak mendalami pemahaman teknis pengelolaan termasuk masalah email dan penggunaan alat kelengkapan website lainnya,” ungkapnya.

Agenda pelatihan di bawah Bidang Informatika tersebut digelar selama dua hari dan selanjutnya akan diikuti perwakilan dari OPD yang juga ada di kecamatan seperti UPT. Selain untuk mengisi konten, para peserta juga diajarkan soal RSS dan update dari website induk.

“Untuk teknis pengelolaan websitenya cukup mudah, tapi memang butuh waktu untuk membiasakan. Apalagi kami di dinas harus bisa menulis berita juga. Maka kami juga butuh untuk suplai berita dan juga teknis penulisan beritanya. Harapannya setelah ini kami bisa memajang data OPD agar mudah diakses masyarakat dan untuk update informasi,” ungkap Vita Purwaning Hapsari salah satu peserta dari perwakilan dinas PU binamarga dan perumahan rakyat dari bidang Bina Program.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *