LOMBA GERAK JALAN PELAJAR AWALI RANGKAIAN HUT KEMERDEKAAN

by -24 views
WONOSOBOZONE – Peringatan Hari Ulang tahun Kemerdekaan RI ke 72  tahun 2017 di Kabupaten Wonosobo sudah mulai bergeliat, dengan rangkaian lomba  dan pertandingan yang dilaksanakan dilapisan masyarakat dan Pelajar.
Rabu, (9/8) rangkaian HUT kemerdekaan di Kabupaten Wonosobo diawali dengan dilangsungkanya lomba gerak jalan Pelajar Tingkat SD sampai SMA se Kabupaten Wonosobo dengan menempuh jarak 8 Km untuk SMA/SMK sedangkan SD/MI serta SMP/MTs sejauh 6 Km.
Start dan finis mengambil lokasi di Jalan Merdeka didepan Pendopo Bupati. Pengibaran bendera start untuk pertama dilakukan oleh Bupati Eko Purnomo dan di ikuti Sekertaris Daerah Eko Sutrisno Wibowo dan dilanjutkan Kepala Dinas Pendidikan  Samsul Maarif serta para pejabat lainnya.
Bupati menyampaikan apresiasi positif dengan digelarnya kegiatan ini.  “Terkait pelaksanaan lomba gerak jalan ini, selain mengutamakan ketepatan waktu, lomba gerak jalan ini tentunya juga mampu menanamkan semangat kedisiplinan dan kekompakan kepada anak-anak kita, serta nantinya akan berdampak positif kepada aktivitas sehari-hari dan perstasi belajar anak-anak kita”.
Bupati berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum strategis, dalam rangka menanamkan rasa nasionalisme dan pembangunan wawasan kebangsaan kepada anak-anak, sekaligus untuk mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan, yang nantinya dapat menjadi insiprasi bagi anak-anak dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Wonosobo.
Terkait kegiatan ini panitia penyelanggara Enang Basuki, mengatakan lomba gerak jalan tersebut di ikuti oleh total 629 regu. Secara terperinci SD/MI diikuti sebanyak 142 regu terbagi pria 65 regu dan putri 77 regu. Untuk SMP/MTs diikuti oleh 218 regu terdiri dari putra 107 regu dan Putri 111 regu. Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK/MA peserta sebanyak 269 regu terbagi Putra sebanyak 110 regu dan Putri 159 regu.
Peserta gerak jalan tingkat SD/MI dan SMP/MTs harus melalui rute dari garis start ke arah utara sampai dengan Blok M belok kanan hingga Jlegong dan kembali ke garis finis di Jln Merdeka lagi.  Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK/MA haraus berjalan lebih jauh hingga bundaran Bugangan kemudian mangambil ke kanan melalui Kampung Jlamprang. Adapun penilaian yang di lakukakan terdiri dari Ketepatan Waktu, Kerapian dan keutuhan regu.
Dalam perlombaan ini juara akan diambil empat tingkat setiap jenjang yaitu juara 1-3 dan Juara Harapan 1, yang nantinya akan mendapatkan Piala dan juga uang pembinaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *