MELALUI LOMBA DOKTER KECIL, SISWA DIHARAPKAN MAMPU MENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN

by -215 views

WONOSOBOZONE – Dalam rangka membangun pola pikir sikap perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Dokter Kecil tingkat SD/MI dan Lomba Kader Kesehatan Remaja (KKR) tingkat SMP/MTs, serta SMA/ MA Tingkat Kabupaten Wonosobo Tahun 2017, yang dilaksanakan selama tiga hari di Gedung Organisasi Wanita (GOW), dan dimulai hari Selasa (8/8).

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Bupati Wonosobo Eko Purnomo didampingi oleh Asisten Sekda Bidang Pembangunan dan Ekonomi Sumaedi. Dalam sambutanya Bupati mengingatkanbahwa anak merupakan anugerah terindah yang diberikan Allah SWT, sehingga para orangtuamemiliki kewajiban untuk merawat dan menjadikan anak-anaknya sebagai generasi yang berkualitas dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat luas, bangsa, dan agama. Karena itulah, kegiatan ini dinilai penting sebagai upaya meningkatkankesadaran bersama mengenai perilaku dan pola hidup yang sehat, agar tertanam dalam diri anak-anak sejak dini. “Saya sangat mendukung upaya-upaya positif dalam menumbuhkan kesadaran dalam diri anak-anak termasuk melalui kompetisi seperti dokter kecil dan kader kesehatan remaja ini“, katanya.

Sehingga harapanya kegiatan tersebut mampu menjadi filter demi menjaga generasi penerus bangsa ini dari bahaya yang senantiasa mengintai, baik berupa dampak dari obat-obat terlarang yang kini beredar bebas, maupun efek kecanggihan teknologi informasi berupa menjamurnya pergaulan bebas di kalangan remaja.

Bupati Eko Purnomo menambahkan, anak-anak dalam rentang usia antara 5 (lima) sampai dengan  19 (sembilan belas) tahun saat ini berjumlah 28% dari total penduduk Kabupaten Wonosobo, dari jumlah ini, dua pertiganya merupakan anak sekolah. Hal ini merupakan satu jumlah yang sangat signifikan dan potensial sebagai sumber daya manusia yang sangat mempengaruhi pembangunan bangsa di masa-masa yang akan datang.

Terkait dengan Lomba Dokter Kecil dan Kader Kesehatan Remaja ini, Bupati menghimbau agar para juri benar-benar objektif dalam melakukan penilaian.

Sementara itu menurut Kepala Bagian Kesra Setda Wonosobo, Eko Suryantoro yang merupakan Ketua Penyelanggara, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan serta prestasi siswa lewat pemahamannya menjadi Dokter Kecil dan Kader Kesehatan Remaja, juga dalam rangka menciptakan siswa yang handal dalam meningkatkan derajat kesehatan bagi dirinya, sekolah, keluarga maupun masyarakat, serta mendorong siswa berbudaya dan berprestasi.

Eko menambahkan Lomba diikuti oleh total 53 siswa siswi yang mewakili sekolah atau kecamatan se-Kabupaten Wonosobo, terperinci untuk Lomba Dokcil diikuti 25 anak, sementara untuk lomba KKR tingkat SMP/MTs diikuti 30 peserta 15 Putra dan 15 Putri. Sedangkan untuk tingkat SMA/MA diikuti oleh 13 regu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *