TMMD BENTUK KEMANUNGGALAN TNI RAKYAT

by -31 views

WONOSOBOZONE – Setelah satu bulan TNI bersama masyarakat Desa Derodowur Mojotengah melaksanakan porgram TMMD Sengkuyung dengan sasaran pembuatan jalan.  pembuatan jalan sepanjang 671 meter lebar 3 meter telah selesai dikerjakan, ditandai dengan upacara penutupan dengan Irup Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Dwi Hariyono dilanjutkan pemotongan pita.

Sasaran yag dikerjakan melifuti fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik terdiri dari pekerjaan Telasah Panjang 670,65 M dan Lebar 3 M, Pekerjaan Gorong -gorong Plat 1 Lokasi; Pembuatan POS Kampling;  Rehab Masjid 1 Unit; Rehab RTLH 6 unit; Pembuatan Jamban Keluarga 13 unit.

Sedangkan sasaran non fisik meliputi : Penyuluhan Bela Negara ; Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba; Penyuluhan  Wajardikdas 12 Thn ; Penyuluhan Pengelolaan Sampah ;   Sosialisasi RTLH ; Pelayanan Kependudukan dan Capil ;  Bantuan Kursi Roda Bagi penyandang Dissabilitas 1 unit ; Penyuluhan Pemanfaatan Pekarangan ; Pelayanan KB dan Kesehatan ;   Peningkatan Bagi Anggota Linmas ;  Penyuluhan Sanitasi Lingkungan .

Dalam sambutannya Letkol Czi Dwi Hariyono merasa terharu melihat masyarakat begitu kompak dalam melaksanakan gotong royong,  mulai dari ibu – ibu, tua muda semua turun ke lapangan. Yang melihat menjadi ternyuh adalah ketika Dandim meninjau melihat ada seorang ibu yang membawa batu disampingnya anak kecil yang ikut menemaninya. Kerja bakti seperti itu mulai dari pertama hingga sampai selesai pengerjaannya. Ini membuat begitu terharu dan bangga ternyata jiwa gorong royong masih terasa didesa.

Rasa gotong royong seperti ini hanya ada di Indonesia,  untuk itu tradisi yang baik ini mari kita pelihara bersama, dengan gotong royong maka akan tercipta rasa persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa.

Lebih lanjut Dandim pada kesempatan ini apabila dalam pelaksanaan TMMD , terdapat tutur kata dan tingkah laku para prajurit saya yang tidak berkenan di hati masyarakat, baik disengaja maupun tidak, saya selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD menyampaikan permohonan maaf. Oleh karena itu ada beberapa atensi dan harapan yang perlu saya sampaikan sebagai tindak lanjut dari program TMMD ini: adalah Pertama, pelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan antara TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan Bangsa. Kedua, pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya Bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Ketiga, pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Selain pencapaian program sasaran fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non-fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara dan Ketahanan Nasional. Pembangunan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi Bangsa yang dilancarkan melalui Proxy War berupa maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, masih eksisnya bahaya terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas secara kualitas dan kuantitas serta isu bangkitnya kembali komunisme baru, paham radikalisme, kelompok yang anti Pancasila dan lain sebagainya yang semuanya dapat mengancam stabilitas Ketahanan Nasional Indonesia. Oleh karenanya TMMD ini adalah salah satu upaya TNI AD dalam memperkuat ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah, utamanya upaya cegah dini dan deteksi dini terhadap berbagai ancaman yang melemahkan persatuan dan kesatuan NKRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *