WABUP LEPAS 721 JAMAAH CALON HAJI WONOSOBO

by -39 views

WONOSOBOZONE – Ibadah Haji adalah ibadah yang lebih bertumpu pada apa sesungguhnya niat kita untuk menjalankan rukun Islam Kelima. Oleh karena itu perlu adanya niat yang baik, karena Allah semata. Dan sebagai tamu Allah harus menjaga semuanya, baik ahlaq, etika maupun moral. Jadilah tamu yang baik, agar ibadah Haji berjalan dengan tertib dan lancar. Demikian disampaikan Wakil Bupati Wonosobo, Ir. Agus Subagiyo, M.Si, pada Bimbingan Manasik Haji Masal II dan Pelepasan Jamaah Calon Haji Kabupaten Wonosobo Tahun 2017. Bertempat di Gedung IPHI Mendolo, Selasa (18/7).  

Di depan 721 calon jamaah Haji, Agus Subagiyo juga meminta agar mereka benar-benar menjaga diri, baik secara fisik maupun mental sebelum bertolak ke tanah suci. “Selain itu, bekal bimbingan manasik haji yang selama ini telah diberikan para petugas dari Kementerian Agama juga perlu diingat agar prosesi ibadah berjalan lebih lancar, serta pulang menyandang predikat sebagai Haji Mabrur,” tegas Wakil Bupati. Dalam upaya mendukung kelancaran prosesi ibadah para tamu Allah, Wakil Bupati juga meminta kepada para petugas pendamping agar menjalankan tugas-tugas mereka sebaik-baiknya. “Petugas pendamping maupun petugas kesehatan harus selalu ada di setiap waktu dibutuhkan para jamaah, terutama bagi yang masuk kategori lanjut usia,” harap Wakil Bupati.

Agus juga menyampaikan kepada para Jamaah Calon Haji supaya mendoakan Bangsa Indonesia dan Kabupaten Wonosobo agar menjadi bangsa dan masyarakat yang barokah. “Doakan Kabupaten Wonosobo, agar Kabupaten Wonosobo lebih baik dan lebih maju serta masyarakatnya sejahtera serta terhindar dan bebas dari kemiskinan” pungkas Agus Subagiyo.

Sementara pada kesempatan itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, Drs. Muhtadin, M.Si, menyampaikan bahwa Pemerintah berkewajiban melaksanakan fungsinya sebagai pembina, melayanai dan melindungi jamaah Haji. Salah satunya yang harus dikerjakan adalah Manasik Haji bagi Calon Jamaah Haji, sebagai langkah awal dalam proses menjalankan rukun Islam ke lima tersebut, sehingga akan terwujud menjadi Haji yang Mabrur.

Muhtadin juga menyampaikan bahwa jumlah Calon Haji Yang akan diberangkatkan pada tahun ini sebanyak 721 orang, dan dijadwalkan akan diberangkatkan dalam 3 kloter. Kloter 15, Jumlah jama’ah 355 orang, masuk Asrama Haji Donohudan Solo, tanggal 31 Juli,  Pukul 17.00  WIB. Rencana diberangkatkan dari Wonosobo Pukul 10.00 WIB, dan disertai 7 orang petugas dari TPHI, TPIHI, TKHI, TPHD dan TKHD. Kloter 62, jumlah jama’ah 215 orang, masuk Asrama Haji Donohudan Solo, tanggal 15 Agustus, Pukul 09.00 WIB. Rencana diberangkatkan dari Wonosobo pukul 02.00 WIB, dan disertai 5 orang petugas dari TPHI, TPIHI, TKHI dan TPHD. Kloter 63 jumlah jama’ah 151 orang, masuk Asrama Haji Donohudan Solo, tanggal 15 Agustus, Pukul 16.00 WIB. Rencana diberangkatkan dari Wonosobo pukul 10.00 WIB, dan disertai 7 orang dari TPHI, TPIHI, TKHI dan TPHD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *