PASKIBRAKA KABUPATEN WONOSOBO 2017 SUDAH TERPILIH

by -45 views

WONOSOBOZONE – Tidak kurang dari 30 hari Bangsa Indonesia akan memperingati hari kemerdekaannya yang ke 72.  Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan tersebut pemeritah mulai dari pusat sampai dengan tingkat desa sudah mulai mempersiapkan diri dengan berbagai macam agenda. Salah satunya yang ditunggu – tunggu adalah pada saat upacara detik – detik kemerdekaan yaitu Pasukan Pengibar Bendera (Paskibarka).

Pada hari ini senin 17 Juli Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo mengelenggarakan seleksi Paskibra tingkat Kabupaten bertempat di Pendopo Bupati. Untuk kali ini panitia mengundang 52 SMA sederajat yang ada di wilayah Kabupaten Wonosobo. Tiap SMA mengirimkan anak didiknya sejumlah 10 anak yang terbagi 5 anak laki –laki dan 5 anak perempuan. Sedangkan Paskibra yang akan yang diambil 36 anak 18 laki – laki dan 18 perempuan. Dalam  seleksi melibatkan beberapa instansi yaitu Kodim 0707/Wsb, Dinas Pendidikan dan Kesra.

Eko Suryantoro selaku Kabag Kesra dalam acara pembukaan seleski menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat mengikuti seleksi. Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi calon Paskibra apabila terpilih. Semua yang datang ke sini merupakan anak – anak pilihan dari sekolah.  Karena kuota terbatas maka harus ada yang terseleksi untuk itu bagi yang belum terpilih jangan berkecil hati masih ada kesempatan di lain tempat.

Bagi yang terpilih Eko Suryantoro mengingatkan harus siap untuk mengikuti latihan yang akan dibina dari Kodim 0707/ Wonosobo. Latihan itu sangat berat bagi yang tidak siap silahkan untuk mengundurkan diri saat ini.  Materi latihan seperti lari, dijemur selama latihan dan sebagainya. Oleh sebab itu membutuhkan fisik yang benar – benar prima agar bisa mengikuti selama latihan dilaksanakan.

Salah satu tim Seleksi Serma Dariyono menyampaikan bahwa kreteria dari peserta calon Paskibra adalah mempunyai postur tubuh yang ideal, tidak memakai kaca mata, tidak mempunyai riwayat penyakit yang berat, tinggi untuk putra minimal 165 Cm dan putri 160 Cm. Siap mengikuti kegiatan selama latihan berlangsung.

Tujuan dari diadakannya seleksi tersebut adalah sebagai upaya peningkatan kualitas pelaksanaan kegiatan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) di Kabupaten Wonosobo dalam rangka memperingati HUT ke 72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan bertugas mengibarkan Bendera sang Merah Putih.

Kegiatan paskibra berdampak positif terhadap khususnya bagi para anggota. Dengan mengikuti latihan dapat membentuk mental displin yang tinggi, mempunyai jiwa nasionalisme dan patriotisme karena selama latihan tidak hanya dilatih baris berbaris saja akan tetapi diberi materi yang lain seperti bela negara, wawasan kebangsaan dan pembinaan mental kejuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *