PT BAS Lepas 18 Jama’ah Haji Khusus

by -131 views
WONOSOBOZONE – Daftar tunggu (waiting list) pemberangkatan haji reguler kini semakin lama. Ketika calon haji mendaftar tahun ini, pemberangkatannya bisa dua puluh tahun sampai tiga puluh tahun yang akan datang.

Karena itu, jika calon jama’ah ingin segera berangkat ke tanah suci tanpa harus menunggu waktu yang relatif lama, maka diperlukan solusi lain. Pemberangkatan haji melalui jalur khusus atau haji plus bisa menjadi jalan keluar.

Hal itu dikatakan Hj Eny Widiarti SH MM, Direktur PT Berkah Amanah Sabilillah (BAS), biro perjalanan haji khusus dan umroh, di sela-sela pelepasan bagi 18 jama’ah haji plus di Gedung Asrama Haji Mendolo Wonosobo, Sabtu (15/7), lalu.

Jama’ah haji khusus yang akan diberangkatkan pada 6 Agustus tersebut maksimal hanya menunggu selama lima tahun sejak mendaftar sebagai calo haji hingga diberangkatkan. Mereka akan berada di tanah suci selama 34 hari.

Meski PT BAS berkedudukan di Wonosobo namun jama’ah haji yang dilepas berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Mereka ada yang beralamat di Karawang, Ciamis (Jawa Barat) dan Wonosobo, Pati, Purbalingga dan Banjarnegara (Jawa Tengah).

Pelepasan haji dilakukan langsung oleh Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI Wonosobo, Drs H Totok Jumantoro MSi dan disaksikan oleh Direktur PT BAS Hj Eny Widiarti SH MM, Manager Operasional Muh Muqorrobin S Ag dan seluruh keluarga calon jama’ah haji.

Pemberdayaan Ekonomi

Manager Operasional PT BAS, Muh Muqorrobin S Ag mengatakan sejak tahun 2015 pihaknya telah memberangkatkan calon jama’ah haji khusus sebanyak tiga kali. Pada tahun 2015 jama’ah haji dilepas di Pendopo Bupati Wonosobo, tahun 2016 di RM Wanaboga dan tahun 2017 di Gedung Asrama Haji Mendolo Wonosobo.

“Sedang untuk jama’ah umroh, PT BAS bisa memberangkatkan dua bulan sekali dengan jumlah antara 20 sampai 30 jama’ah terhantung pendaftar yang ada. Karena merupakan biro haji plus dan umroh, maka fasilitas yang diterima jama’ah di tanah suci termasuk eksekutif”, katanya.

Guna merekatkan alumni jama’ah haji plus dan umroh, imbuh Muqorrobin, PT BAS kini telah membentuk paguyuban jama’ah haji dan umroh. Saat ini, paguyuban haji dan umroh PT BAS yang diketuai H Daslan, telah beranggotakan sekitar 300 jama’ah yang tersebar di berbagai daerah di Jateng dan Jabar.

Selain melayani biro jasa haji plus dan umroh, PT BAS juga bergerak dibidang pemberdayaan ekonomi jama’ah dengan membentuk Koperasi Serba Usaha Syari’ah (KSUS) BAS, BAS Travel dan Ticketing serta BAS Mart.

Menurut Eny Widiarti, KSUS BAS dibentuk untuk melayani pembiayaan haji plus dan umroh bagi jama’ah. Dengan demikian, calon jama’ah haji dan umroh PT BAS, tidak perlu susah mencari dana talangan haji atau umroh ke lembaga keuangan lain.

“Sementara itu, BAS Travel dan Ticketing melayani jasa angkutan dan pembelian tiket bagi jama’ah yang akan melalukan ziarah di dalam negeri maupun luar negeri. Sedang BAS Mart menyediakan oleh-oleh haji dan umroh”, katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *