Urai kemacetan Jelang Lebaran, Polres Siapkan 5 Jalur Alternatif

by -22 views
WONOSOBO – Kelancaran lalu lintas arus mudik dan arus balik Lebaran 2017 sudah menjadi perhatian beberapa pihak yang berkepentingan, salah satunya Polres Wonosobo. Menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah, Jajaran Polres Wonosobo menyiapkan sedikitnya 5 jalur alternatif untuk mengurai kemacetan di beberapa titik keramaian yang ada di Kabupaten Wonosobo. Hal tersebut disampaikan Kapolres Wonosobo, AKBP Muhammad Ridwan menyusul ditatanya parkir jalan A. Yani dan pemasangan rambu mata kucing yang ada di jalur Wonosobo-Parakan. “Untuk 5 jalur alternatif tersebut adalah jalur Selomerto – Taman Makan Pahlawan (lingkar selatan), jalur Madukoro – Andongsili (lingkar utara), jalur balekambang Kec. Selomerto – Kalikajar,” ujar Kapolres, Selasa (20/6).
Sedangkan dua jalur alternatif lainnya termasuk jalur yang dijadikan andalan sebagai pengurai kemacetan yang kerap terjadi menjelang hari raya di Kec. Kertek, yakni jalur Selomerto – Kertek dan jalur Desa Maron Kec. Kertek – Desa Prumbanan Kec. Kertek. Menurut Kapolres, persiapan jalur alternatif tersebut dibuktikan dengan menerjunkan beberapa personil polisi dan posko mudik yang ada di setiap titik jalur alternatif. “Pada arus mudik tahun lalu, jalur Wonosobo-Kertek macet panjang, mencapai lima kilometer. Dan kami akan mengupayakan semaksimal mungkin agar kemacetan serupa tidak lagi terjadi,” bebernya.
Secara keseluruhan, lanjut Kapolres, jalur-jalur alternatif sudah dipersiapkan oleh Bina Marga dengan perbaikan beserta pelebaran jalan. Dan sampai H-7 lebaran, semuanya sudah siap. Selain persiapan jalur alternatif, Kapolres juga mengaku pihaknya melakukan pengamanan dibeberapa pasar yang ada di Kabupaten Wonosobo dalam mengantisipasi tindak kriminal. Mengingat hal tersebut sering ditemui ketika menjelang Ramadhan. “Selama Ramadhan sampai lebaran, kami siapkan 1 tim yang terdiri dari 20 orang untuk satu shift. Satu hari kami bagi menjadi 3 shift. Diluar itu, setiap buka dan sahur ada tim takjil. Kami juga siapkan tim tertutup dari reserse sama intel. Jadi polisi ada di tiap menit dengan momentum yang beda-beda,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *