RIBUAN PESERTA IKUTI UJIAN PERANGKAT DESA

by -137 views

WONOSOBOZONE – Pemerintah Kabupaten Wonosobo gelar tahapan Pengisian Perangkat Desa secara serentak di 205 Desa.  Sebanyak 1805 orang peserta, pelamar pengisian Perangkat Desa, ikuti ujian tes tertulis hari ini Rabu (21/06) di Desa masing-masing.

Untuk memastikan ujian tes tertulis berjalan lancar Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo lakukan pemantauan jalannya tes tertulis yang dimulai tepat pukul 11.00 WIB tersebut. Adalah Sekda Kabupaten Wonosobo Eko Soetrisno didampingi Assisten Bidang Pemerintahan Aziz Wijaya dan Kabag Pemerintahan Tono Prihatono lakukan pantauan di lokasi.

Dikatakan Sekda Eko Soetrisno pihaknya perlu melakukan pantauan ujian tes tertulis pengisian perangkat secara serentak ini sebagai perhatian dan dukungan Pemerintah Daerah demi kelancaran dan ketertiban proses ujian yang sedang berlangsung. Serta memberi semangat kepada para peserta ujian dan juga kepada para panitia penyelenggara agar tetap bekerja dengan sebaik-baiknya.

“Ini sebagai perhatian dan dukungan Pemerintah Daerah, demi kelancaran dan ketertiban proses ujian, selain itu kami juga ingin agar panitia bekerja dengan sebaik-baiknya dalam melaksanakan seleksi bagi perangkat desa ini,” kata Sekda Eko Soetrisno saat memantau ujian tes tertulis di Desa Kalierang.

Menurut penjelasan dari Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Wonosobo Tono Prihatono, dari 1805 peserta yang mengikuti ujian tertulis hari ini akan merebutkan total 461 formasi. Dengan rincian formasi, Sekdes 124 formasi, dengan jumlah pelamar sebanyak 1007 orang, Kepala Urusan 78 formasi dengan jumlah pelamar sebanyak 238 orang, Kepala Seksi 87 formasi, dengan jumlah pelamar sebanyak 221 orang, Kepala Dusun 172 formasi, dengan jumlah pelamar sebanyak 339 orang.

Lanjutnya, Setelah ujian tertulis selesai, tanpa jeda waktu istirahat, yakni pukul 13.00 tepat, panitia akan lakukan koreksi langsung  ditempat untuk diketahui siapa yang lulus ujian. Peserta yang dinyatakan lulus adalah yang memperoleh nilai tertinggi sesuai standar minimal nilai kelulusan pada masing-masing formasi jabatan. Standar nilai yang ditetapkan untuk Sekdes 65, sementara bagi Kepala Urusan, Kepala Seksi dan Kepala Dusun nilainya 60. Jika ditemukan ada nilai tertinggi yang sama, maka akan ada ujian lagi khusus bagi calon perangkat Desa yang memperoleh kesamaan nilai tertinggi tersebut.

Soal ujian di susun Tim Khusus dari Pemerintah Kabupaten Wonosobo oleh Panitia Pembina dan Pengawas Pengisian Perangkat Desa, yang isinya antara lain meliputi Pancasila dan UUD 1945, Bahasa Indonesia, Tentang Pemerintah Derah dan Pemerintah Desa, serta tentang Pengetahuan Umum.  Sistem distribusi ujian pun sangat transparan, pengambilan soal dilakukan pagi harinya di Setda oleh forkopimca dengan di saksikan oleh masing-masing satu orang panitia desa. Sedangkan panitia Desa ini tiap Desa berjumlah 11 orang, terdiri dari 3 orang perangkat Desa dan 8 orang dari Tokoh Masyarakat Desa setempat.

Dari ribuan jumlah pelamar, tercatat peminat tertinggi ada di Kecamatan Wonosobo sebanyak 141 pelamar dari 7 Desa. Untuk jumlah pelamar terbanyak ada di Kecamatan Selomerto sebanyak 208 pelamar dari 19 Desa, sedangkan pelamar paling sedikit jumlahnya ada di wilayah Kecamatan Kalibawang hanya 27 pelamar dari 8 Desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *