Jelang Lebaran, tebus perhiasan dominasi transaksi di Pegadaian

by -28 views

WONOSOBOZONE – Banyaknya kebutuhan hidup yang harus dipenuhi dan dicukupi membuat banyak masyarakat yang mengambil jalan pintas dengan cara menggadaikan barang – barang berharganya seperti perhiasan di PT. Pegadaian (Persero), namun menjelang lebaran tiba penampilan harus lah tetap menawan sehingga ditebuslah perhiasan yang telah digadaikan di Pegadaian ber-selogan “Mengatasi Masalah tanpa Masalah” itu.

Pimpinan analis kredit pegadaian Cabang Wonosobo, Untung Basuki saat di temui wonosobozone.com pada Selasa (20/6) mengatakan bahwa transaksi yang paling banyak terjadi adalah tebus perhiasan.

“Karena ingin menggunakan perhiasan nya saat lebaran, maka banyak Nasabah yang menebus perhiasannya, meskipun biasanya digadaikan kembali setelah lebaran“, terang Basuki.

Basuki juga mengatakan bahwa mereka yang menebus perhiasannya itu kebanyakan adalah karyawan perusahaan maupun Pegawai Negeri Sipil/PNS (Sekarang Aparatur Sipil Negara, disingkat ASN) yang memiliki gaji ke 13 dan para perantau yang sedang pulang kampung.

Selain tebus emas, transaksi lain yang juga ikut meningkat bahkan sebulan sebelum Ramadan adalah pinjaman dana untuk usaha dengan jaminan BPKB. Terhitung sejak bulan Mei, Kantor Cabang Pegadaian Wonosobo telah mengeluarkan dana sebesar satu miliar rupiah untuk para pelaku usaha seperti pelaku usaha jajanan, pembuat roti, pakaian, pernak – pernik lebaran dan lain sebagainya. Meningkatnya permintaan konsumen menjadi alasan bagi para pelaku usaha tersebut untuk mengajukan pinjaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *