2 Rumah Terancam Ambrol akibat Longsor

by -42 views

WONOSOBOZONE – Tebing senderan rumah warga setinggi 15 meter tiba-tiba longsor akibat tergerus derasnya aliran air parit di Kampung Binangun Desa Wringinanom Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo, tepatnya disebelah timur Pengadilan Agama Wonosobo, Senin (19/6).

Akibat bencana tanah longsor tersebut, dua rumah milik keluarga Mudoyo terancam ambrol. Bagian pondasi belakang rumah sudah sedikit menggantung sehingga sewaktu-waktu bisa ambrol jika terjadi longsor susulan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tanah longsor ini. Atas kejadian ini, pihak pemerintah desa sudah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo.

Kepala BPBD Wonosobo Prayitno, mengatakan, sebagai langkah antisipasi untuk sementara rumah tersebut harus dikosongkan. “Pemilik rumah sudah mengemasi barang-barangnya dan untuk sementara mengungsi di lokasi aman,” paparnya.

Selain itu, pihaknya juga mengantisipasi rumah warga yang ada di bawah tebing longsor. Kondisi tanah yang labil sangat berpotensi terjadi tanah longsor susulan. Apalagi hujan deras masih sering terjadi di Wonosobo.

“Untuk itu kami minta warga yang berada di kawasan rawan tanah longsor untuk meningkatkan kewaspadaan. Kondisi tanah yang labil di kawasan pemukiman tersebut memang sangat rawan terjadi tanah longsor,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *