Maksimalkan Ibadah, Pambos Salurkan Donasi

by -26 views

WONOSObOZONE – Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan pahala. Dilihat dari segi ekonomi, kebutuhan pokok di bulan Ramadhan mengalami peningkatan tajam baik dari segi penawaran maupun permintaan. Sayangnya harga yang ditawarkan akan kebutuhan pokok, tidak semua kemampuan finansial masyarakat dapat mencukupi. Berangkat dari hal tersebut, Paguyuban Mas Mbak Wonosobo (PAMMBOS) berinisiatif mengadakan Charity Concert yang diberi nama Ramadhan Berbagi #2: SATE ( Social, Art, Tourism and Economic) Festival.

Menurut ketua panitia, Ahmad Falah, kegiatan tersebut didukung sepenuhnya oleh DPRD Wonosobo, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Wonosobo, Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Wonosobo, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Wonosobo, hingga pihak swasta seperti Komunitas UMKM Wonosobo, Astra Honda Motor, Telkomsel, Percetakan Bahana, dan media partner Citra FM Wonosobo.

“Sama seperti konsep tahun lalu, Ramadhan Berbagi 2 tahun ini juga menggandeng beberapa komunitas antara lain Komunitas Kata Bicara, Sanggar Ngesti Laras, Sanggar Bagaskara, Zero Waste, ILM Production, Stand Up Comedy Wonosobo, Duta Genre, dan juga tentunya special perform dari duta wisata wonosobo,” terang Pria yang akrab dengan sebutan Falah.

Sedangkan tujuan diselenggarakannya acara tersebut, Falah menyebut selain sebagai media penyalur donasi, juga sebagai media silaturahmi antar komunitas di kab. Wonosobo. Dan juga melaksanakan misi utama duta wisata, yaitu mensosialisasikan tentang kebersihan, membuang sampah pada tempatnya. “Kami berusaha menjadi pelopor acara dengan nol sampah pasca plaksanaan, walaupun masih perlu proses lebih lanjut,” beber Falah

Acara tersebut menyuguhkan beragam penampilan kesenian, diantaranya musik khas wonosobo yaitu bundengan hingga musik modern. Semuanya ditampilkan oleh komunitas yang tergabung dalam acara tersebut. Ramadhan berbagi 2 diawali pada jam 16.00 sampai jam 21.00, selama jam tersebut, panitia mengumpulkan masa menggunakan pertunjukan seni sembari menyodorkan kotak amal berkeliling wilayah Alun-Alun, dan juga menjual susu dengan harga seikhlasnya yang nantinya semua dana dihimpun dan direncanakan akan disalurkan kepada yang lebih membutuhkan di beberapa desa wisata pada tanggal 19 Juni 2017.

Sementara salah satu peserta, Muhammad Rifai yang juga Juara 1 Mas Wonosobo 2015 berharap, acara Ramadhan Berbagi dapat berjalan dan menjadi acara tahunan. “Silaturahmi antar komunitas juga semakin erat, dan lebih jauh lagi semoga dapat menumbuhkan partisipasi masyarakat untuk peduli terhadap sesama,” pungkas pria yang intim disapa Fa’i.

Photo By @Merekam_Photography
Mas Mbak Wonosobo @Masmbakwonosobo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *