Jelang Lebaran, Parkir Sembrono Ditertibkan

by -26 views
WONOSOBOZONE – Jelang hari raya Idul Fitri mendatang, jajaran Polres Wonosobo mulai menerapkan berbagai langkah antisipasi untuk mengurai kepadatan lalu lintas. Diantaranya dengan melakukan penertiban sekaligus rekayasa parkir disejumlah titik kantong parkir yang dianggap menghambat arus lalu lintas. Kapolres Wonosobo, AKBP Muhammad Ridwan mengatakan parkir kendaraan bermotor yang ada dilokasi parkir wilayah kota kerap kali menggunakan bahu jalan. Hal itu yang menjadi salah satu faktor penyebab kemacetan. Terlebih pada saat puasa dan hari raya. Menurut Kapolres, pemudik maupun wisatawan yang datang ke Wonosobo sering dijenuhkan dengan kondisi macet di wilayah kota Wonosobo akibat parkir yang memakan hampir separuh jalan, baik itu parkir liar maupun bukan. “Kami sudah lakukan penataan parkir di sejumlah titik. Karena selama ini, masih banyak kendaraan yang diparkir sembarangan. Tentunya mengganggu arus lalu lintas. Sekarang, kendaraan yang akan parkir harus mematuhi rambu parkir yang sudah dipasang,” ungkap Kapolres saat menertibkan salah satu kantong parkir yang ada di Jalan A. Yani Wonosobo.
Disela penertiban tempat parkir, Kapolres mengaku pihaknya telah melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait untuk melakukan pengalihan lahan parkir. Mengingat banyaknya jumlah kendaraan yang ada, tidak sesuai dengan kantong parkir yang disediakan. “Meski satu jalur, jalan protokol A. Yani ini ini sangat padat sekali lalu lintasnya. Apalagi selama bulan Ramadhan. Jadi rekayasa parkir harus dilakukan,” bebernya.

Selain melakukan rekayasa dan penertiban parkir, Kapolres menjelaskan pihak Pemkab Wonosobo juga telah menyediakan lahan parkir yang berada di lahan pasar induk yang terbakar, guna meminimalisir kemacetan yang ada di jalan protokol A. Yani. Namun saat ini, area parkir tersebut masih dalam proses persiapan. Menurut Kapolres, lahan bekas pasar yang terbakar itu tengah diratakan dan dikeraskan. “Parkiran yang ada di Jl. A. Yani, mulai dari taman plaza hingga Jl. Pasar 2 dekat BRI Ruko, akan dialihkan ke dalam. Yaitu di lahan pasar induk yang terbakar. Sementara di depan pasar induk, parkir roda 2 hanya diperbolehkan di kantong-kantong parkir saja,” katanya.
Meski masih dalam tahap persiapan, lahan parkir dikatakan Kapolres sudah bisa ditempati pada 17 Juni mendatang. Bagi pengendara yang melanggar rambu parkir, lanjutnya, akan diberikan sanksi tegas, salah satunya ditilang. Kedepan, Ia berharap melalui upaya tersebut kemacetan yang sering terjadi baik di Jl. A. Yani bahkan di penjuru kota Wonosobo dapat terurai. “Besok tanggal 16 Juni 2017, akan diadakan uji coba parkir di lahan pasar induk yang diproyeksikan sebagai tempat parkir sementara dengan batas waktu yang belum ditentukan. Kalau layak, tanggal 17 Juni 2017 lahan tersebut sudah bisa dipakai,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *