Permudah UMKM, Bank Jateng Buka Cabang Baru

by -17 views

WONOSOBOZONE – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) terus berupaya berperan aktif terhadap pembangunan ekonomi kerakyatan, khususnya dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Perluasan jaringan sampai tingkat kecamatan kian digencarkan, guna mempermudah akses para pelaku UMKM dalam wilayah terpencil sekalipun. Hal tersebut terlihat ketika Bank Jateng Cabang Wonosobo membuka kantor cabang pembantu di Kecamatan Selomerto, Kab. Wonosobo, Senin (12/6). “Kita berkiprah untuk mendukung program-program pemerintah daerah terutama dalam hal pengentasan kemiskinan, karena Jawa Tengah masih ada 15 Kabupaten/Kota yang angka kemiskinannya masih diatas 13 persen. Nah, dengan akses yang mudah untuk para pelaku UMKM, pembiayaan juga akan lebih mudah didapat. Sehingga apabila mereka berkembang, pasti akan meningkatkan ekonomi daerah,” ungkap Direktur Bisnis Kantor Pusat Bank Jateng, Pujiono.

Untuk sektor pendampingan usaha, Pujiono menyebut sedikitnya puluhan ribu UMKM yang telah di bina selama 5 tahun terakhir, baik dalam proses binaan maupun sudah dalam tahap mandiri dengan pantauan. Sedangkan target anggaran yang harus diserap untuk kredit UMKM tahun 2017, Pujiono mengaku pihaknya mengalokasikan 4,1 Trilyun sektor produktif. “Lebih jauh lagi, apabila UMKM mampu berkembang, pasti mereka akan membutuhkan banyak tenaga kerja, sehingga penyerapan lapangan kerja akan semakin bagus,” urainya. (Ard)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *