Ditemukan Kecoa Dalam Kemasan Makanan & Kemasan Tak Berlabel Standar Kesehatan

by -122 views

#wonosobozone – Pemerintah Kabupaten Wonosobo terus gencar lakukan pantauan dan pengawasan terhadap kwalitas produk pangan, dengan sasaran pasar tradisional dan toko oleh-oleh, guna antisipasi peredaran produk makanan mengandung bahan berbahaya dan tidak sehat ataupun tidak layak konsumsi, khususnya saat bulan ramadhan dan jelang hari raya Idul Fitri tahun ini. .

Tim dipimpin Dinas kesehatan, lakukan pemantauan produk pangan siap saji dan olahan atau dikemas, serta melakukan uji petik pemeriksaan sampel ditempat. Menurut ketua Tim dari Maryati, produk yang di indikasikan mengandung zat berbahaya akan dibeli dan diambil sebagai sampel untuk langsung di uji atau di periksa ditempat, dengan sasaran uji terhadap pengawet diantaranya formalin, borax, serta pewarna  rodhamin dan metanil yellow serta zat kimia berbahaya lainnya.
Dari pantauan di beberapa tempat, salah satunya di pasar Kejajar, Tim menemukan kawanan kecoa didalam kemasan salah satu produk makanan, yakni cingklung mentah yang bentuk kemasan fisiknya sudah usang atau tidak layak konsumsi, namun masih ada di tempat penjualan, dan kemungkinan bisa diperdagangkan. .

Namun secara garis besar jika dilihat dari sisi keamanan Tim tidak menemukan bahan berbahaya tapi banyak ditemukan produk pangan yang tidak mencantumkan lebel ataupun ada lebel namun tidak lengkap. Merk produsen komposisi, ijin edar dari Dinas Kesehatan, waktu kadaluarsa dan kode produksi atau tanggal produksi tidak tercantum dalam kemasan tersebut. .

Sehingga Tim meminta kepada pedagang agar produk yang tidak sesuai standar kesehatan untuk tidak dijual atau segera ditarik dari penjualan, serta menghimbau kepada pedagang dan sales harus tetap jeli memperhatikan hal-hal tersebut, karena jika tidak sesuai artinya sudah melanggar peraturan.
. .
”Produk makanan harus layak konsumsi, harus memenuhi syarat standar dari fisik dan sisi packing, tambahnya. Sehingga harapannya  produk pangan di Wonosobo benar-benar layak dan aman serta bebas mikroba, bahan kimia, pengawet dan pewarna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *