Bank Jateng turunkan bunga, bantu pengusaha UMKM

by -18 views

WONOSOBOZONE – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) membuat terobosan untuk turut serta mengembangkan UMKM secara merata dengan kebijakan menurunkan bunga pinjaman 11,50% menjadi 9,95%.

Bank Jateng memiliki 40 kantor cabang ini juga melakukan penurunan suku bunga untuk kredit usaha produktif dari minimal 11,50 persen menjadi 9,95 persen untuk segmen UMKM dengan maksimum kredit di bawah Rp 5 miliar. Bahkan untuk nasabah tertentu bisa diberikan bunga 9,45 persen. Menurut Pujiono, hal tersebut merupakan dukungan Bank Jateng terhadap program pemerintah lainnya, yakni menurunkan bunga pinjaman dibawah 10% atau single digit. “Pemberian kredit dengan bunga rendah sebagai salah satu peran kami mempercepat pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi pelaku UMKM agar lebih mampu memperkuat basis usahanya,” bebernya.
Disamping penurunan bunga kredit usaha produktif tersebut, lanjut Pujiono, Bank Jateng juga telah menyalurkan Kredit Mitra Jateng25 dengan plafon Rp. 25 juta dan dengan bunga 7 persen tanpa subsidi, agunan dan bebas biaya.
Upaya Bank Jateng dalam mendukung pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan diapresiasi Bupati Wonosobo, Eko Purnomo. Eko yang turut hadir untuk meresmikan kantor cabang pembantu ini mengatakan terima kasih atas sumbangsih Bank Jateng yang nyata terhadap kesejahteraan masyarakat Wonosobo melalui program dan layanan perbankan-nya. Karena menurut Eko, pada semester pertama tahun 2017 Bank Jateng Cabang Wonosobo menunjukkan kinerja positif, dengan menumbuhkan laba usaha sebesar 13,18 persen dari 403 Milyar rupiah pada 31 Maret 2016 menjadi 458 Milyar Rupiah pada akhir Maret 2017. “Kami berharap Bank Jateng akan lebih meng-akselerasi perekonomian di Kabupaten Wonosobo, khususnya bagi UMKM dan lebih meng-intensifkan pendampingan-pendampingan di sector produktif,” pungkasnya. (Ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *