Edutalk 15 Undang Pebisnis Online

by -24 views

Manfaatkan Instagram Raup Omzet jutaan per hari

WONOSOBOZONE​ – Komunitas Mbakyu Blogger kembali menggelar talkshow bertajuk Edutalk yang ke 15 dengan tema Belajar Bisnis Online yang dihelat di panggung Pujasera Selomerto, kemarin (10/6). Even yang sengaja mengangkat bisnis yang sangat erat dengan momentum lebaran tersebut mengundang Novita Dwi Susanti, pemilik Elena Hijab dan House Of Elena. Yakni dua akun instagram dengan followers lebih dari 4600 orang dan kini berhasil meraup omzet sedikitnya RP2 juta per hari.

“Awalnya saya jualan langsung di alun-alun saat sunmor (pasar minggu) hanya laku empat pieces hijab dan keuntungannya mungkin tidak lebih dari Rp20.000. tapi saya tidak menyerah dan terus upload produk baru yang waktu itu saya jahit sendiri dan diawali dari jilbab. Sekarang kami sudah menjual berbagai jenis baju, bahkan ada aksesoris seperti dompet dan tas juga,” ungkap mahasiswi jurusan Bisnis UGM itu.

Novita yang memulai bisnis online-nya sejak Desember 2016 itu juga mengaku banyak bekerjasama dengan akun-akun instagram yang menyediakan jasa promote atau iklan, seperti Wonosobozone. Selain itu, Novita jgua selalu update produk harian namun untuk memangkas biaya maka model yang mengenakan produknya ialah teman-temannya sendiri.

“Justru kebanyakan pelanggan saya yang loyal adalah teman-teman saya sendiri. Bahkan ada yang dari hijab atau dari atas hingga celana atau rok nya juga membeli di Elena. Selain juga ada pelanggan tetap. Bahkan saya memiliki pelanggan yang mungkin tiap hari selalu datang ke toko,” ungkap Novita yang kini membuka toko offline di jalan Girimargo itu.

Merasa berasal dari Wonosobo, khususnya kalicecep, bejiarum kecamatan Kertek, Novita tidak patah arang dalam belajar. Sebelum mantap membesarkan usahanya di Wonosobo, Novita juga pernah menimba ilmu dengan menjadi staf dari bisnis busana muslim seorang aktris ternama.

“Intinya jangan mudah menyerah ketika ada retur atau ada yang cancel order dan kami utamakan COD (Cash on Delivery) karena di Wonosobo untuk yang mau transfer ke rekening masih cukup sedikit. Kami juga mendorong teman-teman yang ingin belajar untuk bisa diskusi langsung di toko,” ungkap novita.

Talkshow selama satu jam tersebut juga diramaikan dengan Tanya jawab peserta seputar memulai bisnis online. Bahkan rata-rata peserta merupakan pemilik bisnis online pemula yang masih tergolong muda. Di sesi terakhir, Novita juga membagikan empat bingkisan bagi penanya wanita sebagai motivasi. Agenda edutalk 15 tersebut juga diramaikan dengan penampilan puisi oleh komunitas sastra bimalukar dan didukung Karang Taruna Selomerto. (Abd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *