Renovasi 3 Rumah, Karang Taruna Bantu Warga Pra-Sejahtera

by -45 views

WONOSOBOZONE – Program sosial Karang Taruna Wonosobo berupa bedah rumah warga prasejahtera telah digulirkan mulaibeberapa hari terakhir di tiga titik. Menurut ketua Karang Taruna Kabupaten, Ida Agus Hidayat, tiga penerima bantuan tersebut tersebar di Kelurahan Kalianget Kec. Wonosobo, Desa Jetis Pacarmulyo Kec. Leksono dan Kelurahan Selomerto Kec. Selomerto. Bedah rumah tersebut merupakan bantuan dari CSR PT. PLN Area Purwokerto yang disalurkan lewat Karang Taruna Wonosobo. “Tiga penerima merupakan keluarga prasejahtera dan diprioritaskan dari kondisi rumah yang tidak layak huni. Masing-masing mendapat bantuan renovasi senilai Rp. 7,5 juta hingga Rp. 8 juta. Dengan bantuan dari dana CSR dari PLN. Bahkan di salah satu penerima yakni bapak Waris, ada seorang anggota keluarga yang sakit keras (stroke) sehingga kami harapkan bisa meringankan beban keluarga,” ungkap Agus, Sabtu (27/5).

Di Jetis Pacarmulyo, pembangunan sudah dimulai Kamis (25/5) sedangkan Kalianget dimulai Jumat (26/5) dan Selomerto dimulai Sabtu (27/5).
Seluruh material juga telah disiapkan di lokasi dan untuk tenaga pembangunan juga dibantu dari Tagana dan desa atau kelurahan setempat selain dari anggota Karang Taruna. “Kami berterimakasih kepada Karang Taruna, PLN serta segenap pihak yang membantu, mengingat bedah rumah pak Waris (Selomerto) ini bisa mengurangi sedikit bebannya terlebih ada anggota keluarga yang sakit keras,” ungkap Lurah Selomerto Edi Sugiharto saat serah terima bantuan.

Rumah lainnya yakni milik PB Biem di Jetis Pacarmulyo sudah memasuki tahap finishing dan rumah milik Poniah di kalianget dalam tahap pembangunan awal. Sementara rumah milik keluarga Waris di Selomerto yang awalnya masih berlantaikan tanah, rencananya akan diplester dan diberi plavon untuk langit-langitnya sehingga tidak memperburuk kondisi ibu Waris yang sakit dan belum bisa berjalan dengan normal.

”Ketika ada sisa dana dari pembangunan juga kami salurkan untuk bantuan agar bisa membantu untuk berobat atau kebutuhan penting lainnya. Untuk pembangunan kami prioritaskan bisa selesai hingga memberi plavon dan memperbaiki lantai agar lebih nyaman bagi anggota keluarga, terlebih ada dua balita di dalam rumah,” ungkap Sujono perwakilan CSR PLN. (Ard)