Paspor Habis? Kini Membuat Lagi Tak Perlu Ribet

by -21 views

WONOSOBOZONE – Terhitung Senin, 22 Mei 2017 pengurusan paspor bagi yang telah memiliki paspor keluaran 2009 keatas syarat yg diperlukan cukup KTP asli dan paspor lama (kecuali paspor hilang/rusak/bap). Hal tersebut berdasarkan surat edaran Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Kemenkumham RI) nomor : M.HH-07.UM.01.01 Tahun 2017.

Adanya peraturan baru itu, Kantor Imigrasi Wonosobo Kelas II memberikan kemudahan prosedur dan persyaratan penggantian paspor. Dimana hal itu merupakan kebijakan pemerintah pusat seperti yang tertuang dalam surat edaran Kemenkumham. “Tujuannya adalah untuk memangkas birokrasi agar lebih efektif, efisien serta menyederhanakan tahapan dalam penerbitan paspor melalui Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM),” jelas Kepala Kantor Imigrasi Wonosobo, Soeryo Tarto Kisdoyo.

Sementara itu, Kepala Sub Seksi Lalulintas Keimigrasian, Washono menyebut persyaratan KTP dan paspor lama merupakan syarat administrasi standart. Namun apabila masyarakat hendak bertujuan bekerja, lanjut Washono, tetap ditambah rekomendasi dari Dinas tenaga kerja terkait atau dari BNP2TKI. “Untuk keperluan umroh, ditambah rekomendasi dari Kemenag setempat serta rekomendasi biro umroh yang tengah diikuti,” imbuhnya.

Semua hal tersebut, menurut Washono bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan keamanan masyarakat itu sendiri.

NETIZEN JURNALIST : @lambang_argopulung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *