SATPOL AMANKAN PULUHAN BARANG BUKTI GALIAN C

by -60 views

WONOSOBOZONE – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonosobo, Senin (23/5) melakukan operasi ketenteraman dan ketertiban secara terpadu. Sasaran operasi kali ini ialah kegiatan penambangan Galian C di wilayah Kabupaten Wonosobo.

Operasi yang dilaksanakan di 3 titik di wilayah desa Pagerejo dan 2 titik di wilayah desa Tlogomulyo, Kecamatan Kertek ini melibatkan beberapa instansi terkait seperti Kodim 0707, Polres, Kesbangpol, DPMPTSP Kabupaten Wonosobo.

Operasi ini dimaksudkan untuk menekan intensitas serta frekuensi pertambangan galian C di Kabupaten Wonosobo. “Operasi kali ini kami maksudkan untuk menekan frekuensi serta intensitas kegiatan pertambangan galian C yang disinyalir semakin meningkat,” ungkap Kasatpol PP, Haryono, dilokasi.

Dalam Operasi tersebut berhasil dijumpai puluhan penambang yang masih melakukan aktifitas penambangan serta 4 kendaraan truk pengangkut material. “Untuk aktifitas penambangan langsung kami hentikan secara persuasif sedangkan alat kerja pertambangan kami amankan,” imbuh Haryono.

Pada operasi tersebut berhasil diamankan puluhan barang bukti seperti linggis, cangkul, angkong, BBM, kabel listrik serta peralatan kerja lainnya. ” Disamping alat bukti diatas, kami juga menjumpai 3 unit alat berat berupa excavator yang diduga digunakan untuk melakukan kegiatan penambangan, untuk excavator kami ambil Accu nya dan untuk truk kita minta surat surat nya untuk diperiksa lebih lanjut di Polres Wonosobo” imbuhnya pula.

Kegiatan penertiban kegiatan penambangan galian C ini direncanakan akan dilaksanakan secara berkala untuk mencegah meluasnya kegiatan tersebut yang berakibat terjadinya kerusakan lingkungan. “Kegiatan penertiban kegiatan pertambangan Galian C semacam ini kami rencanakan akan dilaksanakan secara berkala sehingga nantinya kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan ini dapat diminimalisir,”Pungkas Haryono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *