Akseptor Juga Digratiskan Periksa IvA

by -28 views
WONOSOBOZONE – Jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung suksesnya program keluarga berencana (KB), di Kabupaten Wonosobo. Bentuk komitmen tersebut terlihat jelas dalam pencanangan program TNI Manunggal -KB Kesehatan Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Wonosobo, di Pendopo Kecamatan Mojotengah, Selasa (23/5). Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0707, Kapten Sugeng Hariyanto, dalam laporannya menyebut program TNI-KB Kes didasarkan pada Surat Perintah Komandan Korem 072/PMK, yang mewajibkan Kodim Wonosobo untuk mempersiapkan, merencanakan serta melaporkan pelaksanaan TNI-KB Kesehatan secara seksama.
“Demi suksesnya program ini pula, kami melibatkan tak kurang dari 370 personel, yang terdiri dari 200 orang undangan dan pendukung kegiatan, ditambah 170 akseptor,” urai Sugeng. Para akseptor yang mengikuti KB di acara pencanangan TNI-KB Kes, menurut Sugeng juga diberikan fasilitas tambahan. Selain gratis dalam pemasangan alat kontrasepsi, baik Implan maupun IUD, para akseptor disebut Sugeng juga mendapatkan pemeriksaan gratis deteksi dini kanker leher rahim (IvA). “Jadi satu kali pembukaan, dua tindakan yaitu pemasangan IUD sekaligus pemeriksaan IvA,” beber Sugeng. Hal itu, menurutnya menjadi salah satu wujud support penuh jajajran TNI untuk mencegah kanker rahim berkembang di Wonosobo. Pemeriksaan IvA, ditegaskan Sugeng juga gratis sepenuhnya.
Dukungan dan komitmen kuat jajaran TNI dalam rangka menyukseskan program KB, disambut sangat positif oleh Sekretaris Daerah, Eko Sutrisno Wibowo. Mewakili Bupati, Sekda menegaskan apresiasinya terhadap kepedulian TNI kepada upaya pemerintah untuk meningkatkan derajat kesejahteraan warga masyarakat Wonosobo. “Sinergi positif yang telah terjalin selama bertahun-tahun dalam program TNI-KB Kesehatan, antara jajaran TNI dengan Pemerintah Kabupaten, berimbas baik pada keberlanjutan pembangunan,” terang Sekda. Penduduk, diakui Eko merupakan modal dasar pembangunan, baik di pusat maupun daerah, sehingga tingkat kualitas sumber daya manusia menjadi sangat berpengaruh pada suksesnya program pembangunan.
Adanya program Keluarga berencana, ditegaskan Sekda merupakan salah satu langkah strategis untuk meningkatkan kualitas SDM, karena dengan pola perencanaan keluarga secara optimal, bakal menumbuhkan generasi penerus yang siap melanjutkan estafet pembangunan Bangsa. “Karena itulah, sudah selayaknya dalam kesempatan ini kami atas nama pribadi maupun atas nama Pemerintah Daerah, menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Kodim 0707/Wonosobo, atas kerja kerasnya dalam menjaga keamanan daerah, serta peran aktif dalam upaya Pengendalian penduduk,” pungkas Sekda.
(Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Wonosobo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *