TANAMKAN RASA KEBINEKAAN MELALUI DISKUSI

by -13 views

WONOOBOZONE – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 109 Th. 2017, dilaksanakan diskusi Wawasn Kebangsaan dgn tema “Indonesiaku, Negeri Bhineka Tunggal Ika dan Negeri Pancasila”, bertempat di Kantor Kesbangpol, (22/5/17).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Bakesbangpol Wonosobo bekerja sama dengan Kodim 0707/Wsb.  Dengan sasaran adalah generasi muda yang dari kalangan Pramuka, KAPA, Purna Paskibra, PMI.

Dalam sambutannya Eko Riyanto, mewakili kepala Kesbangpol menyampaikan bahwa Tema yang diusung dalam acara hari ini semoga memberikan pemahaman kepada generasi muda akan pentingnya rasa kebinekaan terhadap anak bangsa sebagai calon penerus bangsa. Sedangkan situasi bangsa Indonesia saat ini mulai memperihatikan.  Banyak orang – orang yang tidak menginginkan stabilitas negara ini. Bahkan ada yang ingin meruntuhkannya

Bhinneka seharusnya menjadi semangat yang mengalir dalam darah kita demi keutuhan NKRI yang sangat bergantung pada toleransi dalam segala hal terutama dalam berkeyakinan dan hendaknya kita tidak ikut campur dalam masalah yang terjadi pada tingkat nasional karena situasinya sangat kompleks sekali dan rawan terjadi perbedaan pendapat/persepsi. Agama yang diyakini seyogyanya sebagai unsur perekat dalam kehidupan bernegara yang majemuk untuk keutuhan NKRI.

Sementara itu Kapten Czi Sarwiyono dalam paparannya menyampaikan materi ” Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika Untuk Keutuhan NKRI” yang mejelaskan Kelebihan dari bangsa Indonesia adalah kemajemukan dan Semangat NKRI harus ditegakkan.

“Kedepan tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia akan semakin berat dan hendaknya kita senantiasa berpegang teguh kepada kebersamaan untuk keutuhan NKRI.

Ada 4 Konsesus dasar bangsa Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dan Posisi Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Nasional, Pandangan Hidup Bangsa, NKRI bukan milik golongan tertentu, tetapi milik kita bersama”.

Pendim0707/wsb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *