Lomba Mocopat dan Pidato Bahasa Jawa

by -121 views

WONOSOBOZONE – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, PERMADANI Kabupaten Wonosobo bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo, mengadakan lomba tembang Mocopat dan Pidato Bahasa Jawa tingkat SMP/MTs, bertempat di Gedung Arpusda, Sabtu (20/5).

Lomba tembang mocopat dan pidato bahasa Jawa diikuti oleh 33 peserta. 17 untuk lomba tembang mocopat dan 16 untuk lomba pidato bahasa Jawa.

Menurut ketua penyelenggara, Yularti, ini merupakan wujud nyata dari Permadani dalam pelestarian budaya Nasional khususnya Jawa. Apalagi pemerintah saat ini sedang giat giatnya dengan pendidikan karakter, jadi dengan lomba ini diharapkan anak kedepan akan lebih memiliki jatidiri bangsa, untuk bisa bersaing dan antisipasi dengan era globalisasi, dengan menangkis budaya asing yang kurang sesuai.

Yularti juga menyampaikan bahwa setiap peserta mocopat wajib membawakan tembang dandanggulo pathet enem, yang merupakan karya dari Permadani. Sedangkan pidato bahasa Jawa setiap peserta wajib menyampaikan sesorah atau bahasa sebagai jati diri bangsa. Untuk penilaian terdiri dari, pertama ulah swara, ulah rasa dan patrap.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan oleh Permadani, kedepan semoga kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin. Dan kedepan peserta akan lebih banyak lagi, karena saat ini bersamaan dengan perpisahan sekolah, seleksi FLS2N” pungkas Yularti.

Pada lomba tembang mocopat kali ini tampil sebagai juara 1, Ainu Rismayanti, dari SMP N 1 Wadaslintang. Untuk lomba pidato bahasa Jawa, tampil sebagai juara 1, Farah Arista Manda, dari SMP N 2 Wonosobo. Mereka berhak atas Piala, Piagam dan uang pembinaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *