Agus bersaudara gelar Jambore di Wonosobo

by -20 views

 

WONOSOBOZONE​ – Gathering Akbar Agus-Agus Bersaudara Indonesia (AABI) yang bertempat di Wonosobo sekaligus menjadi momen Jambore yang terpusat di komplek wisata telaga Menjer telah digelar, (21/5). Perwakilan dari Dewan Agus Pusat, Daerah, hingga Cabang mengikuti prosesi acara yang dibuka dengan seremonial pengukuhan dan pelantikan pengurus periode baru bertempat di Pendopo Kabupaten. Dalam momen tersebut AABI juga melakukan aksi sosial berupa penebaran 50.000 benih ikan, pemberian bak sampah, bedah rumah, dan penanaman 1000 pohon kopi. Menurut ketua Dewan Agus Pusat, Agus Syaifullah agenda tersebut merupakan pengukuhan Dewan Agus Daerah Jawa Tengah sekaligus beberapa Dewan Agus Cabang.

“Saat ini AABI sudah meliputi sedikitnya 23 provinsi se-Indonesia dan kali ini melantik DAD Jateng dan beberapa Cabang. AABI sendiri berawal dari Desember 2015 lalu dari Bandung dan hanya ada sekitar 10 orang Agus yang akhirnya membentuk grup di jejaring facebook. Dari sana lah komunikasi dengan Agus-agus se Indonesia terjalin hingga saat ini sudah ada organisasi sebesar ini,” ungkap pria yang intim dengan sebutan Gus Jam itu.

Setelah memiliki struktur dari pusat hingga cabang, AABI juga telah terdaftar secara resmi sebagai organisasi yang memiliki sudar dari kemenkumham, hingga NPWP dan rekening bank. Sehingga bisa memudahkan dalam agenda-agenda sosial yang diusung selama ini. Apalagi di Jateng sendiri AABI sudah meliputi 17 DAC termasuk Wonosobo

“Jika kita melihat, di sensus penduduk ada sekitar 10 juta nama Agus di seluruh Indonesia. Bahkan yang terbaru ada anggota dari Brunei, Riyadh, hingga Australia. Kini di Indonesia sudah menyentuh ke berbagai daerah, bahkan terakhir saya ke Bali hingga Papua dan kali ini ke Wonosobo sekaligus Jambore. Kebetulan saya belum pernah mengunjungi Wonosobo,” ungkap pria asal Bandung itu.

Salah satu visi yang diusung AABI ialah ‘No Politik’ dan kepentingan lain selain persaudaraan dan sosial budaya. Terlebih AABI mengusung slogan Brotherhood in harmony. Menurut salah satu pengurus AABI Wonosobo, Agus Purnomo, Wakil Bupati Wonosobo juga yang kebetulan bernama Agus sudah bergabung sebagai pengurus.

“Pak Wabup Agus Subagiyo juga menjadi pengurus di DAP bidang keorganisasian. Harapan kami nanti di Wonosobo bisa semakin hidup AABI, dan di bulan puasa ada agenda sosial takjil dan buka bersama anak yatim,” ungkap Gus Pur yang pernah menjabat kepala Pariwisata Wonosobo itu.

Sementara itu menurut Agus Beken asal malang , agenda kopdar akbar diharapkannya menjadi momen yang bisa menyatukan Agus-agus dan mau memelihara budaya untuk memberi nama anak atau cucunya dengan nama Agus yang kini tergeser nama-nama berbahasa asing.

“Kebetulan salah satu anak kami dinamai Agus meskipun kini sudah cukup jarang nama-nama khas Indonesia seperti itu, harapannya bisa dimulai dari teman-teman AABI di seluruh Indonesia untuk melestarikan nama Agus,” ungkapnya.

Perwakilan AABI dari cabang lain seperti Cilacap, Sragen, banjarnegara, Pati, hingga pekalongan juga ikut meramaikan even akbar tersebut. Kini, anggota AABI yang bisa diikuti mulai dari usia 17 tahun, sudah disediakan kartu Anggota dan bisa mendaftar secara online lewat website www.agus.or.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *