Hasil Panen Melimpah, Warga Pasunten Lipursari Gelar Kirab Berkah Bumi

by -11 views
WONOSOBOZONE – Warga Dusun Pasunten, Desa Lipursari Kecamatan Leksono menggelar kirab “Berkah Bumi”, Minggu (21/5). Kirab tersebut digelar sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas melimpahnya hasil pertanian di desa Lipursari. Tak kurang dari 600 warga terlibat, dalam acara yang diakhiri dengan prosesi makan bersama di sepanjang jalan utama desa itu. Kepala Desa Lipursari, Wagiman menerangkan prosesi Berkah Bumi merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan selepas musim  panen. “Berkah Bumi dijadikan agenda tahunan karena ini juga berpotensi menjadi salah satu kelebihan untuk menunjang upaya kami menjadikan Lipursari sebagai   desa  wisata,” tutur Wagiman.
Rangkaian acara Berkah Bumi, diurai Wagiman diawali sehari sebelumnya,  dengan bersih-bersih makam desa, ziarah kubur dan khataman siswa-siswi Madrasah Dinniyah Ar-Ridho Lipursari. “Untuk keperluan kirab, warga juga menyiapkan gunungan berbentuk tumpeng yang berisi singkong, ganyong, gembili, tela rambat, salak, pisang, padi, kelapa, jagung, gula jawa  dan hasil pertanian dusun Pasunten lainnya,” urai Wagiman. Sementara, untuk keperluan kembul bujono, atau makan bersama, Wagiman menyebut warga Pasunten juga membuat jajanan berbahan dasar beragam hasil pertanian, seperti singkong dan umbi-umbian khas Desa Lipursari. Jenis makanan berupa jajanan pasar hasil kreasi warga seperti tiwul aneka rasa, cenil, combro, sengkulun, lemet, tape, kripik singkong hingga leye, menurut Wagiman dihasilkan oleh 10 industri rumahan milik warga yang telah memiliki izin produksi dari Dinas Kesehatan.
Hal tersebut dibenarkan oleh Siti Maryam, salah satu warga Pasunten yang juga memiliki industri rumahan produksi tiwul instan. Tiwul instan hasil produksinya, disebut perempuan yang akrab disapa dengan Maria Bo Niok itu bahkan telah dipasarkan di Mancanegara, seperti Singapura, Hongkong sampai Taiwan.
“Pada Tahun 2013 silam, tiwul instan yang kami produksi pernah mendapatkan penghargaan UKM Pangan Award dari kementerian perdagangan Republik Indonesia,” tambah Mariam.
Warga Pasunten, dikatakan Maria juga sudah banyak yang memproduksi tiwul natural dan beberapa di antaranya menjadi penyetok tiwul natural. Maria yang juga merupakan aktivis buruh Migran itu berharap, keberadaan industri rumahan di Dusun Pasunten Lipursari kelak mampu menopang perekonomian warga, serta semakin maju seiring terwujudnya Desa Wisata. “Melalui acara seperti Berkah Bumi ini salah satunya, kami berharap produk-produk UKM dari Lipursari semakin dikenal pasar, dan mampu menjangkau semakin banyak konsumen,” pungkas Maria.
Kontributor Berita : Stevi Yean Marie (Jurnalis TBM. Istana Rumbia Lipursari)

0 thoughts on “Hasil Panen Melimpah, Warga Pasunten Lipursari Gelar Kirab Berkah Bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *