Tim SAR Singkirkan Eceng Gondok Telaga Menjer

by -56 views

WONOSOBOZONE – Hamparan eceng gondok menghiasi telaga menjer garung, tumbuhan liar yang memiliki kecepatan berkembang tersebut membuat telaga keruh dan mengganggu kenyamanan wisatawan yang berkunjung.

“ eceng gondok di telaga menjer semakin banyak, kita secara sukarela membantu membersihkan telaga purba itu, agar tanaman liar tidak terus berkembang,” ungkap komandan Forum Potensi SAR  Wonosobo Wahab kemarin.

Menurutnya, selain menggangu pengunjung objek wisata telaga menjer, keberadaan eceng gondok juga menghambat pelatihan tim sar yang sering menggunakan lokasi tersebut untuk simulasi pertolongan korban di dalam air.

“ Lokasi itu sering kita jadikan sebagai tempat latihan pertolongan air, maka sudah sewajarnya jika kita turun tangan membantu menyingkrikan eceng gondok diatas telaga menjer,” imbuhnya.

Secara bertahap penyingkiran telaga menjer dilakukan oleh 15 anggota tim SAR wonosobo, sehingga ditargetkan tidak sampai dua minggu, kawasan telaga objek wisata telaga menjer kembali bersih dan menarik perthian wisatawan serta minat anggota Tim SAR berlatih skill water rescue.

“ meski buka kawasan pantai, tapi kabupaten wonosobo memiliki banyak sungai, danau alami dan juga danau buatan, penyelamatan dan evakuasi terhadap korban di kawasan sungai maupun danau sering dilakukan,” terangnya.

Pihaknya beharap niat baik dari anggota Tim SAR bisa dipahami oleh pengelola kawasan objek wisata telaga menjer garung, sebab mereka hanya ingin membersihkan saja, tanpa ada niat yang lain.

“ intinya ini kepedulian kita saja, dimana lokasi berlatih kotor oleh eceng gondok, dan kita tergerak membersihkan, kalau tidak bersih kita tidak bisa latihan,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, setiap tahun, telaga menjer ditumbuhi oleh tanaman liar eceng gondok. Pertumbuhan cepat tanaman tersebut sering merepotkan pihak penglola kawasan objek wisata, sebab telaga menjadi keruh dan berpotensi mengurangi kunjungan wisatawan yang sangat mengangumi  kejernihan air telaga purba itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *