Ternyata e-KTP Tetap Berlaku Seumur Hidup Meski Sudah Habis Masa Berlaku

by -43 views

WONOSOBOZONE – Berakhirnya masa berlaku yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik menjadikan beberapa warga yang ada di Kabupaten Wonosobo berbondong-bondong mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk melakukan perpanjangan.

Menurut salah satu pegawai Disdukcapil, dalam sehari sedikitnya 40 warga datang ke Disdukcapil untuk melakukan perpanjangan KTP elektronik. “Kalau dihitung, biasanya ada sekitar 40 orang perhari “kecele” (kecelik) menemui kami untuk melakukan perpanjangan. Dan ketika datang kesini, kami sampaikan kepada mereka untuk tidak perlu melakukan perpanjangan KTP elektronik, karena masa berlakunya seumur hidup. Meski dalam kartu tersebut tertera masa berlaku kartu habis,” ujar salah satu pegawai Disdukcapil yang enggan disebutkan namanya.

Sementara itu, salah satu warga asal Kalibawang yang tengah datang ke Disdukcapil untuk melakukan perpanjangan, mengaku pihaknya tidak mengetahui aturan yang telah ditetapkan Kemendagri terkait masa berlaku KTP Elektronik. “Mengingat jarak dari tempat kami sampai ke-kota cukup jauh, kami berangkat habis subuh agar mendapat antrian awal. Ketika sampai di Capil, ternyata berlaku KTP elektronik seumur hidup. Dan tidak ada informasi dari perangkat setempat akan hal itu. Namun kami memahami kekurangan informasi yang kami alami,” ungkapnya.

Kepala Disdukcapil, Muhammad Zuhri membenarkan hal tersebut. Pria yang akrab disapa Zuhri menyebut pihaknya kerap menemui warga yang belum mengetahui akan aturan itu. Meski Disdukcapil telah men-sosialisasikan sampai di lingkup Kelurahan/Desa. “Disdukcapil sudah mempublikasikan aturan masa berlaku KTP Elektronik tersebut, bahkan sampai level kelurahan/Desa. Yaitu pada saat Bintek besar-besaran pada akhir tahun 2016,” tegasnya, Senin (15/5).

Namun Zuhri mengakui adanya kesulitan akses informasi di beberapa daerah perbatasan. Oleh karenanya, Ia mengaku akan lebih gencar untuk men-sosialisasikan hal itu. “Kami akan mencoba sosialisasi di seluruh media lokal, baik itu media elektronik, online bahkan media cetak,” pungkasnya. (Ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *