Tertibkan Alun-Alun, Satpol PP Amankan 17 Permainan Mobil Sewa

by -122 views

Satpol PP saat menertibkan area alun-alun Wonosobo

Wonosobozone – Sebanyak 17 buah permainan mobil-mobilan sewa diamankan oleh satpol PP, saat melakukan penertiban pedagang alun-alun Wonosobo, Minggu (14/5).

Satpol PP Kabupaten Wonosobo, dengan menggandeng Polres dan Kodim 0707, melakukan penertiban pedagang di alun alun Wonosobo, yang menggelar dagangannya di jalur pejalan kaki dan tempat olah raga. Selain pedagang, persewaan sepeda, becak mini dan mobil mobilan listrik yang beroperasional di jalur pejalan kaki, lapangan basket dan jalur tengah alun alun juga ditertibkan.

Saat memimpin penertiban, Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Kabupaten Wonosobo, Sunarso, menyampaikan bahwa penertiban yang dilaksanakan ini, sesuai dengan Perda Kabupaten Wonosobo Nomor 2 Tahun 2016, tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Dimana pada Pasal 39 Ayat 1 (d) menyebutkan bahwa setiap orang atau badan dilarang menyalahgunakan atau mengalihkan fungsi jalur hijau, taman, dan tempat umum. Serta Pasal 39 Ayat 1 (e) menyebutkan bahwa setiap orang atau badan dilarang berjualan atau berdagang, menyewakan permainan, menyimpan atau menimbun barang di jalur hijau, taman dan tempat umum yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

Sunarso juga menyampaikan bahwa penertiban alun alun ini dilakukan juga berdasarkan laporan dari masyarakat, tentang penggunaan jalur hijau bagi pejalan kaki serta sarana olahraga alun alun Wonosobo untuk tempat berdagang serta digunakan untuk persewaan permainan di setiap Hari Libur.

“dalam melakukan penertiban Satpol PP juga tidak serta merta menindak para pedagang, tetapi dilakukan peringatan terlebih dahulu. Namun jika sudah diperingatkan beberapa kali masih melakukan hal yang sama, maka Satpol PP akan menindak tegas sesuai dengan peraturan” tegas Sunarso.

Pada penertiban kali ini Satpol PP mengamankan sebanyak 17 mobil mobilan listrik yang disewakan di lapangan Basket alun alun.”persewaan mobil mobilan listrik ini sudah beberapa kali diperingatkan, bahkan beberapa waktu lalu baterai atau Accu dari mobil mobilan juga sudah disita oleh Satpol PP, tetapi pemilik masih nekat untuk menyewakan permainan ini ditempat sarana olahraga sehingga Satpol PP melakukan tindakan tegas dengan membawa semua permainan tersebut”ungkap Sunarso.

“pihaknya akan berkoordinasi dengan PPNS Kabupaten Wonosobo, sebagai upaya terakhir dengan melakukan tindakan hukum sesuai dengan Perda yang berlaku terhadap pemilik persewaan permainan mobil mobilan listrik tersebut, karena sudah diperingatkan berkali kali tetapi tidak mengindahkan”pungkas Sunarso.

Source wonosobokab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *